Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Silabus Bahasa Indonesia Kelas 2 Sd


Silabus Bahasa Indonesia Kelas 2 Sd

silabus penjas sd kurikulum 2013 bisa diperoleh di mana?

1. silabus penjas sd kurikulum 2013 bisa diperoleh di mana?


di google atau di pengajaran

2. analisis kelemahan dan kesesuaian KD dengan indikator pada silabus SD


Jumlah keseluruhan pemain yang saling berhadapan dalam sebuah pertandingan bola basket

3. apa yang di maksud unsur kebahasaan dalam silabus


unsur kebahasaan adalah unsur-unsur yang membangun ssebuah bahasa atau kalimatunsur unsur yang membangun sebuah kalimat

4. rpp silabus dan prakarya kelas 11


........................

5. silabus matematika peminatan sma kelas x


mana silabusnya? kok tidak dilampirkan?

6. 2. Bagaimanakah Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK!


Indikator merupakan penanda pencapaian KD yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi.

Dalam mengembangkan indikator perlu mempertimbangkan: (1) tuntutan kompetensi yang dapat dilihat melalui kata kerja yang digunakan dalam KD; (2) karakteristik mata pelajaran, peserta didik, dan sekolah; dan (3) potensi dan kebutuhan peserta didik, masyarakat, dan lingkungan/ daerah.

Dalam mengembangkan pembelajaran dan penilaian, terdapat dua rumusan indikator, yaitu: (1) indikator pencapaian kompetensi yang dikenal sebagai indikator; dan (2) indikator penilaian yang digunakan dalam menyusun kisi-kisi dan menulis soal yang di kenal sebagai indikator soal.

Indikator dirumuskan dalam bentuk kalimat dengan menggunakan kata kerja operasional. Rumusan indikator sekurang-kurangnya mencakup dua hal yaitu tingkat kompetensi dan materi yang menjadi media pencapaian kompetensi.

B. Fungsi Indikator

Indikator memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan SK-KD. Indikator berfungsi sebagai berikut:

1. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran.

Pengembangan materi pembelajaran harus sesuai dengan indikator yang dikembangkan. Indikator yang dirumuskan secara cermat dapat memberikan arah dalam pengembangan materi pembelajaran yang efektif sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, potensi dan kebutuhan peserta didik, sekolah, serta lingkungan.

2. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran.

Desain pembelajaran perlu dirancang secara efektif agar kompetensi dapat dicapai secara maksimal. Pengembangan desain pembelajaran hendaknya sesuai dengan indikator yang dikembangkan, karena indikator dapat memberikan gambaran kegiatan pembelajaran yang efektif untuk mencapai kompetensi. Indikator yang menuntut kompetensi dominan pada aspek prosedural menunjukkan agar kegiatan pembelajaran dilakukan tidak dengan strategi ekspositori melainkan lebih tepat dengan strategi discovery-inquiry.

3. Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar.

Bahan ajar perlu dikembangkan oleh guru guna menunjang pencapaian kompetensi peserta didik. Pemilihan bahan ajar yang efektif harus sesuai tuntutan indikator sehingga dapat meningkatkan pencapaian kompetensi secara maksimal.

4. Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

Indikator menjadi pedoman dalam merancang, melaksanakan, serta mengevaluasi hasil belajar, Rancangan penilaian memberikan acuan dalam menentukan bentuk dan jenis penilaian, serta pengembangan indikator penilaian. Pengembangan indikator penilaian harus mengacu pada indikator pencapaian yang dikembangkan sesuai dengan tuntutan SK dan KD.

C. Manfaat Indikator Penilaian

Indikator Penilaian bermanfaat bagi : (1) guru dalam mengembangkan kisi-kisi penilaian yang dilakukan melalui tes (tes tertulis seperti ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan akhir semester, tes praktik, dan/atau tes perbuatan) maupun non-tes; (2) peserta didik dalam mempersiapkan diri mengikuti penilaian tes maupun non-tes. Dengan demikian siswa dapat melakukan self assessment untuk mengukur kemampuan diri sebelum mengikuti penilaian sesungguhnya; (3) pimpinan sekolah dalam memantau dan mengevaluasi keterlaksanaan pembelajaran dan penilaian di kelas; dan (4) orang tua dan masyarakat dalam upaya mendorong pencapaian kompetensi siswa lebih maksimal.

semoga membantu ya

7. ada yang punya rpp dan silabus bahasainggris smk kelas 11 k13?


gak punyya.... tulis saja soalnya insyaa Allah aku bisa bantu

8. Analisis kelemahan kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi PJOK pada silabus SD


gatau apaan tuh ......

9. 2. Analisis kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan Indikator Pencapaian Kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK!


Itu sangat bweda sekaliue

10. a yg di maksud unsur kebahasaan dalam silabus


pembahasan kita harus sopan dan santunpembahasan kita harus sopan dan santun

11. analisis kelemahan dan kesesuaian setiap KD dan Indikator pencapaian kompetensi pada silabus SD/SMP/SMA/SMK


jawabannya adalah SMA

12. 1. Pengertian Silabus 2. Prinsip-Prinsip Silabus​


Jawaban:

1). Pengertian Silabus=

Silabus adalah salah satu komponen perangkat pembelajaran dari rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu.

2). Prinsip-Prinsip Silabus=

(Maaf yang ini saya tidak tahu)

Penjelasan:

maaf banget kalo salah QvQ...


13. apakah kelas 12 menggunakan silabus kurikulum 2013 yang revisi atau belum?


Menggunakan silabus kurikulum 2013 lama

14. mau tanya dong, jelaskan ciri ciri silabus dan bahasa komunikatif


Bahasa komunikatif, yaitu mampu menyampaikan pesan dengan baik.

sorry cuman itu yang tau:)

15. Kelemahan dan kesesuaian setiap kompetensi dasar dengan indikator pencapaian kompetensi pada silabus sd,smp,sma


terlalu banyak tugas dan waktu belajar sehingga membuat jenuh maka tirulah finlandia dan negara maju

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Silabus Bahasa Indonesia Kelas 2 Sd"