Materi Ipa Kelas 3 Smp
Materi IPA (biologi&fisika) sama IPS (sejarah,geografi,ekonomi) semester 1 dan 2 kelas 3 smp tu apa???
1. Materi IPA (biologi&fisika) sama IPS (sejarah,geografi,ekonomi) semester 1 dan 2 kelas 3 smp tu apa???
biologi7fisika; sistem ekskresi manusia,sistem reproduksi mannusia,reproduksi hewan dan tumbuhan,sistem koordinasi manusia,kelangsungan hidup mahluk hidup,pewarisan sifat,bioteknologi pangan,listrk statis,sumber arus listrik,listrik dinamis,energi dan daya listrik,kemagnetan,induksi elektromagnetik, tata surya,matahari,bum ibulan ndan satelit bulan,lapisan litosfer dan atmosfer bumi.
ips;negara2 berkembang di dunia, usaha mempertahankan kemerdekaan, perubahan sosial budaya, lembaga keuangan dan perdagangan internasional, hubungan manusia dengan bumi, usaha mempertahankan republik indonesia, perubahan pemerintahan kerjasama internasional
2. SMP NEGERI 3 TIGABINANGAMATERI PEMBELAJARAN IPAKELAS VIIIPERTEMUAN - 8Mengerjakan uji kompetensi hal 66 sampai 70
Secara struktural, sekolah menengah pertama negeri merupakan unit pelaksana teknis dinas pendidikan kabupaten/kota. ... Oleh karenanya di beberapa istilah di pemerintahan dan institusi pendidikan, SMP adalah nama lain dari "junior high school", yang pada dasarnya suatu sekolah setelah sekolah dasar.
SMP NEGERI 3 TIGA BINANGA
3. kak bantu aku, jadi gini aku sekarang kelas 9 smp dari kelas 7 - 9 semester ganjil sy tdk banyk mengerti apa apa , maksudny sy tdk ingat lgi pelajarannyakalau mau dipelajari kembali yaah.... kn banyak banget hbis itu entar lgi dah mau smasekiranya kaka bisa kasi materi ke sy apa sj yg harus sy pelajari untuk (IPA) 7 - 9 / 1 - 3 smpmohon bantuan nya yaah
sebenarnya semua materi pun penting. coba di buka lagi buku mulai kelas 7. dan pelajari per bab. jika butuh bantuan untuk mempelajari boleh contact saya yaa
4. Survei dung untuk adek-adek yang masih SMP kelas 7-9 1. Bagaimana dengan mata pelalajaran IPAmu? Bagaimana sistem belajarnya? (Misal pakai zoom/gmeet/wa/guru ngasih materi/ classroom/dll?) 2. Bagaimana dengan tugasnya? (dijawab antara tidak ada, sedikit, cukup banyak atau sangat banyak) 3. Apakah masih ada praktikum meski di rumah? bagaimana dengan laporan praktikumnya? apakah ada masalah?
Penjelasan:
1. Baik, pakai WhatsApp
2. Cukup banyak
3. Ngga ada praktikum
Jawaban:
1.Wasap,guru kasih materi sm classroom
2.sedikit
3.tidak ada pratikum samsek
5. Perhatikan berikut ini: 1. Beras menjadi tepung 2. Kayu terbakar menjadi arang 3. Es mencair 4. Ketela menjadi tape. Perubahan materi yang digolongkan kedalam perubahan fisis adalah ... (hal. 60) Buku Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk SMP Kelas 1/ Kurikulum 2013/ Penerbit Erlangga Tahun 2015/ Penulis: Tim Abdi Guru
1. Beras menjadi tepung (sebab hanya terjadi perubahan ukuran dan bentuk)
3. Es mencair (sebab hanya terjadi perubahan wujud)
6. SMA ATAU SMK?Sebagai orang tua pasti ingin anaknya mendapatkan yang terbaik dalam hal apapun terutama hal sekolah. Saat anak duduk dibangku SMP, bukan hanya orang tua saja yang bingung mencari sekolah lanjutan, namun untuk siswa kelas 9 itu sendiri juga sangat kebingungan untuk memilih sekolah lanjutan yang akan dipilih.Untuk memilih sekolah lanjutan apakah SMA atau SMK tidak boleh sembarangan. Harus sangat memperhatikan kekurangan dan kelebihan masing-masing sekolah pilihan sebelum kita memilih dan mendaftarnya.Banyak alasan-alasan yang dapat memperkuat langkah dan pilihan kita antara SMA atau SMK.Alasan pertama yang menjadi pertimbangan adalah kita sudah tahu bahwa lulusan SMK lebih mudah dan juga lebih siap untuk bekerja setelah lulus sekolah dibandingkan dengan lulusan SMA.Ini dikarenakan di SMK siswa tidak diajarkan teori untuk mendalami jurusan saja namun juga dibekali kemampuan praktek yang sangat berharga untuk menambah pengalaman dan juga gambaran nyata mengenai dunia kerja nanti.Seperti yang sudah kita dengar, siswa SMK sering mengadakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) yang juga sering disebut magang.Sedangkan di SMA, siswa hanya diajarkan mengenai teoritik yang mendalam pada bidangnya dan tidak mempelajari kemampuan praktek.Hal ini membuat lulusan SMA harus melanjutkan ke Kuliah dahulu jika ingin memiliki atau mendapatkan sebuah pekerjaan. Banyak orang yang beranggapan seorang lulusan SMK tidak dapat melanjutkan ke jenjang kuliah, pendapat ini sangat salah.Karena lulusan SMK juga bisa melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi seperti halnya lulusan SMA.Banyak kelebihan masuk SMK, siswa yang mempunyai hardskill kemampuan kejuruan yang spesifik membuatnya mudah memilih jurusan di perguruan tinggi yang sesuai atau tidak jauh beda dengan jurusannya saat di SMK.Dengan begitu akan lebih mudah mempelajari materi tentang kejuruannya. Sedangkan untuk siswa SMA lebih diajarkan mengenai kemampuan teoritik saja saat di SMA.Namun jika dibandingkan SMA, materi-materi yang diterima oleh siswa SMK tidak seluas dengan materi yang diterima atau diajarkan di SMA. Ini karena di SMK lebih mengarah secara detail ke jurusan yang diambil. Sedangkan pada SMA diajarkan berbagai macam materi pada bidang yang diambil contohnya bidang IPA.Seorang blogger menyampaikan sebuah pendapat “Siswa SMK dapat pengetahuan tidak lebih banyak daripada siswa SMA”.Dari pendapat ini kita bisa berpikir, logika siswa SMA lebih baik dan bagus dibandingkan dengan siswa SMK.Siswa SMK lebih memilih menggunakan langkah cepat atau instan tanpa ada pertimbangan lebih mendalam dalam menghadapi sesuatu.Untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi, lulusan SMK akan lebih dibatasi ruang lingkupnya dibandingkan dengan siswa lulusan SMA. Sehingga banyak siswa SMK sulit masuk atau mendapatkan Perguruan Tinggi. Ini karena ketika memilih jurusan di Perguruan Tinggi lulusan SMK harus memilih jurusan yang sesuai atau tidak jauh bedadengan jurusan yang diambil saat SMK dulu.Meskipun diterima di jurusan lain, lulusan SMK akan mengalami masa sulit saat menerima materi yang diajarkan karena dulu saat di SMK hanya diajari materi mendalam mengenai jurusan yang diambil saat SMK dulu. Dan Lulusan SMA mudah untuk masuk ke Perguruan Tinggi, karena materi yang diajarkan saat SMA hampir mencakup semuanya.Dengan demikian bisa disimpulkan siswa lulusan SMK jauh lebih siap untuk kerja dibandingkan dengan siswa lulusan SMA.Selain itu dari segi biaya, SMK lebih hemat karena bisa langsung bekerja dibandingkan dengan SMA yang harus ke perguruan tinggi dulu sebelum kerja.Namun untuk menentukan pilihan sekolah lanjutan yang akan dipilih itu semuanya tergantung dari minat, kemampuan dan juga bakat kita sendiri.Teks tanggapan kritik sangat penting karena mampu mewakili kritikan terhadap suatu hal atau suatu peristiwa. Jika kritikan dengan kata-kata akan lebih mudah menyinggung berbagai pihak, dengan menggunakan teks tanggapan kritis lebih menurunkan resiko tersebut.Karena didalam tulisan emosi dalam berpendapat tidak akan mudah untuk diketahui berbeda dengan penyampaian melalui kata-kata.Selain itu tip tanggapan kritis ini juga membantu untuk menyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa. Anda juga akan lebih mudah untuk mengambil keputusan setelah menulis teks tanggapan kritis karena terdapat perbandingan dua pendapat didalamnya.1.) Carilah 2 kalimat yang berisi tanggapan mendukung!2.) Carilah 2 kalimat yang berisi tanggapan menolak!3.) Carilah 2 kalimat yang menggunkan ungkapan informasi!#mintatolongbantuannya
kalimat pedukung maaf kalo salah
7. ULANGAN HARIAN KE 1Soal Kelas VII SMP Materi Objek IPA dan PengamatannyaSOAL AA. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!1. Soal nomor 1Langkah awal yang harus dilakukan dalam sebuah penyelidikan IPA adalah ….A. mengamatiB. mengkomunikasikanC. menanyakanD. mempresentasikanSoal nomor 2Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA adalah ….A. mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatanB. merumuskan penjelasan berdasarkan pengamatanC. membuat laporan tertulis tentang kesimpulan akhir dari hasil pengamatanD. melakukan pengamatan menggunakan panca inderaSoal nomor 3Objek pengamatan IPA adalah ….A. hanya makhluk hidup sajaB. hanya bumi dan makhluk hidupC. ruang angkasa dan tata suryaD. seluruh benda di alam dan segala interaksinyaSoal nomor 4Berikut ini yang bukan merupakan manfaat mempelajari IPA adalah mampu ….a. berpikir kritis dan logisb. meningkatkan kualitas hidupc. memahami berbagai hal di sekitar kitad. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknyaSoal nomor 5Di bawah ini adalah bagian dari ilmu IPA, kecuali ….A. FisikaB. GeografiC. BiologiD. KimiaSoal nomor 6Seorang ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah ….A. KimiaB. FisikaC. BiologiD. AstronomiSoal nomor 7Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari ….A. penyelidikanB. penafsiranC. pengukuranD. pengamatanSoal nomor 8Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataan tersebut, yang merupakan besaran adalah ….A. panjangB. meja makanC. 2D. meterSoal nomor 9Satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) adalah …A. jamB. sekonC. menitD. milidetikSoal nomor 10Massa cabe yang dibeli ibu dari pasar adalah 2,5 kg. Apabila diubah menjadi satuan gram, maka massa cabe tersebut adalah ….A. 25 gramB. 250 gramC. 2.500 gramD. 25.000 gramSoal nomor 11Besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran ….A. pokokB. turunanC. sekunderD. tersierSoal nomor 12Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokok adalah ….A. panjang, massa, dan volumeB. panjang, waktu, dan suhuC. massa, luas, dan waktuD. volume, luas, dan beratSoal nomor 13Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang dan waktu adalah ….A. gayaB. volumeC. beratD. kecepatanSoal nomor 14Benda yang paling tepat diukur menggunakan jangka sorong adalah ….A. panjang mejaB. tinggi kursiC. diameter kelerengD. diameter bola kakiSoal nomor 15Stopwatch adalah alat yang digunakan untuk mengukur ….A. suhuB. waktuC. kuat arusD. panjangSoal nomor 16Besaran pokok yang dapat diperoleh dari hasil pengamatan sebuah batu adalah ….A. beratB. volumeC. luasD. massaSoal nomor 17Massa jenis adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok ….A. panjang dan waktuB. massa dan waktuC. massa dan panjangD. suhu dan waktuSoal nomor 18Alat ukur yang paling tepat digunakan untuk mengukur ketebalan plat adalah ….A. penggarisB. mikrometer skrupC. jangka sorongD. meteranSoal nomor 19Volume batu seperti gambar di bawah ini adalah ….A. 20 mLB. 30 mLC. 50 mLD.70 mLSoal nomor 20Berikut ini yang tidak termasuk satuan baku adalah ….A. depaB. onsC. literD. meterSoal nomor 21Di bawah ini yang bukan merupakan syarat satuan baku adalah ….a. bersifat lokalb. mudah ditiruc. tidak berubahd. berlaku globalSoal nomor 22Sebuah kendaraan melaju dengan kecepatan 72 km/jam. Jika dinyatakan dalam SI, maka kecepatan kendaraan tersebut adalah ….A. 10 m/sB. 20 m/sC. 30 m/sD. 40 m/sSoal nomor 23Jika kita melarutkan 20 gram gula ke dalam 100 mL air, maka konsentrasi larutan garam yang terjadi adalah ….A. 200 g/LB. 250 g/LC. 350 g/LD. 500 g/LSoal nomor 24Sebuah balok diukur ketebalannya menggunakan jangka sorong dengan hasil pengukuran seperti pada gambar berikut. Besarnya hasil pengukuran adalah ….A. 5,70 cmB. 5,75 cmC. 5,85 cmD. 5,90 cmSoal nomor 25Perhatikan gambar berikut!Supaya neraca setimbang, maka nilai anak timbangan x yang harus ditambahkan ke piring B adalah ….A. 250 gramB. 500 gramC. 750 gramD. 1.000 gram
JAWABAN:
1.Langkah awal yang harus dilakukan dalam
sebuah penyelidikan IPA adalah ....
a.Mengamati
2.Pengertian inferensi dalam penyelidikan IPA
adalah...
a.mengumpulkan data dan informasi melalui pengamatan}saya kurang yakin.
3.Objek pengamatan IPA adalah...
d.seluruh benda di alam dan segalainteraksinya
4.Berikut ini yang bukan merupakan manfaatmempelajari IPA adalah mampu...
d. memanfaatkan kekayaan alam sebanyak-banyaknya
5.Di bawah ini adalah bagian dari ilmu IPA, kecuali ....
b.geografi
6.Seorang ilmuan sedang melakukan penelitian dengan cermat di laboratorium. Dia meneliti suatu zat untuk mengetahui jenis zat tersebut. Bidang IPA yang sedang dipelajari oleh ilmuan tersebut adalah .....
a.kimia
7.Membandingkan besaran yang diukur dengan besaran yang sesuai adalah pengertian dari .....
C. pengukuran
8.Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataan
Panjang meja makan 2 meter. Sesuai pernyataantersebut, yang merupakan besaran adalah .....
A. panjang
9.Satuan waktu dalam Sistem Internasional (SI) adalah ...
b.Sekon
10.Massa cabe yang dibeli ibu dari pasar adalah 2,5 kg.Apabila diubah menjadi satuan gram, makamassacabe tersebut adalah ....
C. 2.500 gram
11.Besaran yang satuannya sudah didefinisikan terlebih dahulu disebut besaran ....
a.pokok
12.Berikut ini yang termasuk kelompok besaran pokokadalah ....
B. panjang, waktu, dan suhu
13.Besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokokpanjang dan waktu adalah ....
D. kecepatan
LIKE DAN JADIKAN JAWABAN YANG TERBAIK,SEMOGA MEMBANTU:?maaf,cuman segitu:-8. 1. Pak Dani merupakan guru kelas V SD Sukamaju. Beliau memiliki kesulitan dalam mengajarkan topik materi pada Tema 2 “Udara Bersih bagi Kesehatan”. Berdasarkan hal tersebut, Pak Dani berinisiatif untuk menyusun media pembelajaran berupa media grafis sehingga dapat membantu siswa dalam menguasai capaian pembelajaran. Diketahui capaian pembelajaran pada pembelajaran Tematik di kelas V SD. IPA : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan organ pernapasan dan fungsinya pada hewan, minimal 2 buah organ. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media grafis, siswa dapat menyebutkan informasi pada teks cerita anak “Si Kancil dan Buaya”, minimal 2 buah informasi. Buatlah konsep media grafis untuk pembelajaran tematik di atas dengan menggunakan model pengembangan program dan media ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analysis b) Design c) Develop d) Implement e) Evaluate 20 2. Diketahui pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP kelas VIII pada topik materi “Teks Eksplanasi” memiliki capaian pembelajaran sebagai berikut. 1. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan pengertian teks eksplanasi. 2. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menjelaskan ciri-ciri teks eksplanasi, minimal 3 buah ciri. 3. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan struktur teks eksplanasi, minimal 3 buah. 4. Melalui aktifitas membaca bahan ajar buku teks, siswa dapat menyebutkan informasi yang diperoleh dari teks eksplanasi, minimal 3 buah informasi. Buatlah sebuah kerangka/outline bahan ajar buku teks berdasarkan informasi di atas yang terdiri dari 3 tahapan: a) Tahap Desain b) Tahap Pengembangan atau Produksi c) Tahap Evaluasi 30 TPEN4205 2 dari 3 3. Pada proses pembelajaran IPA Kelas IX SMP, Bu Nina menggunakan media grafis untuk menjelaskan topik materi “Listrik dan Energi” kepada siswa. Berikut ini media grafis yang digunakan oleh Bu Nina. Sumber : Google Jelaskan bagaimana penerapan prinsip unity pada media grafis di atas berdasarkan aspek: 1) Keterkaitan 2) Kesatuan 10 4. Bu Dinda hendak menggunakan media display dalam bentuk diorama pada pembelajaran tematik di kelas VI SD. Adapun capaian pembelajarannya sebagai berikut. IPS : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menjelaskan peristiwa proklamasi kemerdekaan RI. Bahasa Indonesia : Melalui pengamatan pada media diorama, siswa dapat menyebutkan informasi yang terdapat pada teks tentang peristiwa proklamasi kemerdekaan RI Buatlah sebuah rancangan media diorama berdasarkan capaian pembelajaran yang disusun oleh Bu Dinda di atas yang terdiri dari 5 tahapan: a) Analisis kebutuhan media diorama b) Desain media diorama c) Pengembangan dan pengadaan medium diorama d) Penggunaan media diorama e) Evaluasi media diorama
Jawaban:
pak Dani menjelaskan sebuah tema 2udara bersih bagi kesehatan
9. 3. Pada proses pembelajaran IPA Kelas IX SMP, Bu Nina menggunakan media grafis untuk menjelaskan topik materi “Listrik dan Energi” kepada siswa. Berikut ini media grafis yang digunakan oleh Bu Nina. Sumber : Google Jelaskan bagaimana penerapan prinsip unity pada media grafis di atas berdasarkan aspek: 1) Keterkaitan 2) Kesatuan
Jawaban:
ibu Nina 1 untuk keterkaitan dan 2 kesatuan dan juga menjawab soal soal
10. TUGAS IPA, KELAS VII SMPBAB 4 MATERI PEMANASAN GLOBALBacalan Pelajari Bab 4 Pemanasan Global, Halaman 72 - 78 (Buku Paket IPA Semester 2)Kemudian Kerjakan dikertas Double PolioTulis Nama, Kelas, dan Mata Pelajaran, Lalu Kerjakan Tugas Dibawah ini...1. Jelaskan Pengertian Pemanasan Global2. Jelaskan Penyebab Pemanasan Global3. Jelaskan terjadinya Efek Rumah Kaca4. Jelaskan Dampak Dari Pemanasan Global5. Sebutkan Usaha-usaha Menanggulangi Pemanasan Global
Jawaban:
1. Jelaskan pengertian pemanasan global
= pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer Bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim Bumi.
2. Jelaskan penyebab pemanasan global
= Emisi CO² yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik, Emisi CO² yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi, meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian.
3. Jelaskan terjadinya efek rumah kaca
= efek rumah kaca adalah proses pemanasan alami yang terjadi ketika gas gas tertentu di atmosfer bumi merangkap panas.
4. Jelaskan dampak dari pemanasan global
= temperatur bumi menjadi semakin tinggi, mencairnya glasier yang menyebabkan kadar air laut meningkat, hilangnya terumbu karang
5. Sebutkan usaha usaha menanggulangi pemanasan global
= meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan, mengurangi deforestation, mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan.
Penjelasan:
maaf kalau salah
11. Kelas : VII (1 SMP) Mapel : IPASemester : 2 (Genap) BAB 1 : Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk HidupMateri : Sel sebagai Unit Struktual dan Fungsional KehidupanA. Sel1. Tuliskan 4 pengertian sel! 2. Tuliskan urutan sistem yang menyusung makhluk hidup! 3. Tuliskan 4 perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan!
Pendahuluan
Sel merupakan unit struktural terkecil dari organisme hidup. Sel dikelilingi oleh selaput/membran sel yang di dalamnya terdapat cairan (protoplasma) atau matriks, dan bentuk-bentuk subselular, organel sel, yang juga dikelilingi membran. Sel berkembang biak dengan cara membelah diri (secara mitosis).
Jawaban1.Tuliskan 4 pengertian sel!
Benda struktual.Fungsional terkecil penyusun Makhluk hidup. Penyusun suatu jaringan. Unit terkecil dari makhluk hidup.2.Tuliskanurutansistemyangmenyusungmakhlukhidup!
SelJaringanOrganSistem organ3.Tuliskan4perbedaanseltumbuhandanselhewan!
Sel hewan : Tidak mempunyai dinding sel, mempunyai sentrosom, mempunyai lisosom, tidak mempunyai plastisida, dan cadangan makanan berupa lemak dan glikogen.
Seltumbuhan:Mempunyai dinding sel, tidak mempunyai sentrosom, tidak mempunyai lisosom, mempunyai plastisida, dan cadangan makanan berupa pati atau amilum.
PembahasanSel (biologi)Unit struktural dan fungsional dasar dari semua organisme. Mencakup membran plasma dan semua struktur eksternal yang menyelubungi seperti dinding sel dan amplop sel.
Dalam biologi, sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel. Kebanyakan makhluk hidup tersusun atas sel tunggal, atau disebut organisme uniseluler, misalnya bakteri dan amoeba. Makhluk hidup lainnya, termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia, merupakan organisme multiseluler yang terdiri dari banyak tipe sel terspesialisasi dengan fungsinya masing-masing. Tubuh manusia, misalnya, tersusun atas lebih dari 1013 sel. Namun, seluruh tubuh semua organisme berasal dari hasil pembelahan satu sel. Contohnya, tubuh bakteri berasal dari pembelahan sel bakteri induknya, sementara tubuh tikus berasal dari pembelahan sel telur induknya yang sudah dibuahi.
Sel-sel pada organisme multiseluler tidak akan bertahan lama jika masing-masing berdiri sendiri. Sel yang sama dikelompokkan menjadi jaringan, yang membangun organ dan kemudian sistem organ yang membentuk tubuh organisme tersebut. Contohnya, sel otot jantung membentuk jaringan otot jantung pada organ jantung yang merupakan bagian dari sistem organ peredaran darah pada tubuh manusia. Sementara itu, sel sendiri tersusun atas komponen-komponen yang disebut organel.
Sel terkecil yang dikenal manusia ialah bakteri Mycoplasma dengan diameter 0,0001 sampai 0,001 mm, sedangkan salah satu sel tunggal yang bisa dilihat dengan mata telanjang ialah telur ayam yang belum dibuahi. Akan tetapi, sebagian besar sel berdiameter antara 1 sampai 100 µm (0,001–0,1 mm) sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Penemuan dan kajian awal tentang sel memperoleh kemajuan sejalan dengan penemuan dan penyempurnaan mikroskop pada abad ke-17. Robert Hooke pertama kali mendeskripsikan dan menamai sel pada tahun 1665 ketika ia mengamati suatu irisan gabus (kulit batang pohon ek) dengan mikroskop yang memiliki perbesaran 30 kali. Namun, teori sel sebagai unit kehidupan baru dirumuskan hampir dua abad setelah itu oleh Matthias Schleiden dan Theodor Schwann. Selanjutnya, sel dikaji dalam cabang biologi yang disebut biologi sel.
Pelajari Lebih LanjutSel
https://brainly.co.id/tugas/26514480https://brainly.co.id/tugas/657508https://brainly.co.id/tugas/12212896Detail JawabanKelas:VII (1 SMP) Mapel:IPABab:BAB 1 - Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk HidupMateri:Sel sebagai Unit Struktual dan Fungsional KehidupanKodeSoal:1.1*Terimakasih sebelumnya karena pertanyaan kakak sudah lengkap dan mudah dipahami :>
-----------------------------------------------------------------
1.
-
pengertian 1
Sel adalah struktur organisasi terkecil di dalam kehidupan.
pengertian 2
Sel merupakan satuan fungsional kehidupan
pengertian 3
Sel adalah struktur organisasi yang dapat berdiri sendiri dan tidak bisa dibagi lagi menjadi bagian yang lebih kecil
pengertian 4
Sel juga merupakan satuan hereditas makhluk hidup.
2.
-
Molekul⇒ sel⇒ jaringan⇒ organ⇒ sistem organ⇒ organisme⇒ populasi⇒ komunitas⇒ ekosistem⇒bioma⇒ biosfer
3.
-
Sel tumbuhan
Memiliki dinding selStruktur dinding sel yang kuatMemiliki vakuola berukuran besarMemiliki plastida dan tidak memiliki sentriolSel hewan
Tidak memiliki dinding selMemiliki vakuola berukuran kecilMemiliki sentriol Tidak memiliki plastidaPembahasanSel merupakan struktur organisasi paling kecil dalam kehidupan.
Bagian-bagian sel :
Membran selNukleusSitoplasmaRibosomRetikulum endoplasmaBadan golgiMitokondriaVakuolaLisosomSentriolPlastidaPelajari lebih lanjutBagian-bagian sel berserta fungsinya https://brainly.co.id/tugas/1298029Sel tumbuhan dan sel hewan https://brainly.co.id/tugas/2427581Detail jawabanMata Pelajaran : IPAKelas : 7Bab : 1 - Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk HidupKode : 7.4.4[tex]{belajarbersamabrainly}[/tex]
12. Mapel : IPAKelas : 7 SMPMateri : Bab 2, klasifikasi Makhluk Hidup dan Benda Tak HidupGunakanlah informasi klasifikasi 5 kingdom untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut.Pertanyaan 1Kingdom Monera termasuk ke dalam grup utama yang mana? Berikan alasannyaa. Prokariot c. makhluk hidupb. Eukariot d. Kingdom Plantae............................................................................................................................................................................................................................................Pertanyaan 2pada diagram klasifikasi, kingdom Plantae dan Animalia termasuk ke dalam grup utama yang mana? ............................................................................................................................................................................................................................................Pertanyaan 3 pada kingdom Plantae terdapat jenis tumbuhan yang tidak memiliki pembuluh, pada tumbuhan jenis yang mana? Berikan alasannya.............................................................................................................................................................................................................................................
Jawaban:
1.a
2.Kingdom Plantea
3.Lumut
Maaf kalau salah
13. Materi kelas 9:TENTUKAN KALIMAT AKTIF YANG TERDAPAT PADA TEKS PIDATO BERIKUT!!Selamat pagi saya ucapkan kepada seluruh hadirin.Yang terhormat Ibu kepala sekolah SMA Negeri 1 Pasuruan.Yang saya hormati Bapak-Ibu guru SMA Negeri 1 Pasuruan.Yang saya hormati seluruh staf tata usaha SMA Negeri 1 Pasuruan.Dan semua teman-teman siswa SMA Negeri 1 Pasuruan yang saya cintai.Pertama, izinkan saya mengucapkan syukur kepada Alloh SWT. Karena tak mungkin tanpa berkat dan rahmat-Nya kita semua bisa hadir di aula sekolah ini dalam kondisi sehat. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, perkenankan saya Maharani Putri siswa kelas X IPA-2 menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba yang mulai merambah kalangan remaja.Narkoba adalah sebutan atau istilah umum yang digunakan di Indonesia untuk menyebut zat-zat obat terlarang. Narkoba adalah obat-obatan berbahaya yang disalahgunakan oleh masyarakat. Narkoba meliputi zat narkotika, psikotropika, serta zat adiktif. Ada banyak jenis narkoba seperti ekstasi, shabu-shabu, putaw, dan lain sebagainya.Semua jenis narkoba memiliki efek yang mengerikan bagi tubuh. Ketergantungan atau sakaw hanyalah efek yang paling ringan. Jika seseorang mulai ketergantungan, ia akan susah terbebas dari jerat narkoba. Halusinasi, penurunan berat badan, kerusakan syaraf, over dosis, hingga kematian adalah efek samping berbahaya lainnya dari narkoba.Kini, narkoba bukan hanya beredar di kota. Narkoba sekarang tidak hanya bisa dijangkau oleh orang-orang kaya yang punya uang melimpah. Peredaran narkoba kian hari kian memprihatinkan. Bayangkan saja, narkoba kini telah diam-diam beredar di tempat-tempat yang biasa digunakan anak-anak muda berkumpul. Misalnya seperti cafe, karaoke, bar, klub malam, bahkan di pedesaan.Iya, narkoba bahkan kini telah sampai di pedesaan yang jauh dari kota. Semakin masifnya tingkat peredaran narkoba ini harus diwaspadai. Karena semakin luasnya tingkat peredaran gelap narkoba, maka semakin banyak pula orang yang kemungkinan akan menjadi pecandunya. Akan semakin banyak orang yang jadi sasaran para pengedar narkoba demi keuntungan mereka.Narkoba memang identik dengan kalangan remaja. Bukanlah hal yang dirahasiakan bahwa para pengedar narkoba memang menargetkan para remaja, termasuk siswa sekolah mulai dari SMP sampai SMA sebagai calon pemakai mereka. Tak heran karena kalangan remaja memang masih mencari jati diri mereka. Kita masih mudah terpengaruh oleh ajakan-ajakan dari luar.Padahal tak semua ajakan itu baik bagi kita. Remaja adalah kelompok yang mudah terpengaruh. Baik dari lingkungan sekitar atau pergaulan antar teman sebaya. Rasa ingin tahu yang tinggi adalah kunci utama bagi para pengedar narkoba untuk menjerumuskan kita ke jalan yang salah. Padahal, tidak ada istilah mencoba-coba untuk narkoba.Jangan pernah berfikir bahwa kita bisa lepas dari narkoba setelah sekali mencobanya. Satu kali kita berhasil diiming-imingi untuk mencoba narkoba, maka kali berikutnya kita tak akan pernah bisa lepas dari zat terlarang ini. Kita akan kecanduan dan akhirnya tidak bisa lepas.Tak heran jika data dari International Labour Organization menyebutkan bahwa d Indonesia diperkirakan ada sekitar 4 juta orang yang menggunakan zat terlarang ini. Dengan kata lain, 1 dari 50 orang Indonesia adalah pengguna atau mantan pengguna narkoba. Bahkan di ibukota Jakarta, 3 dari 10 anak muda di bawah umur adalah pengguna narkoba. Data ini begitu membuat hati kita sedih.ILO juga berhasil mengungkap bahwa 4% pengguna narkoba di Indonesia adalah dari kalangan anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun. Bahkan sebagian dari mereka terlibat dalam perdagangan narkoba atau dengan kata lain menjadi jaringan pemasok barang haram ini.Pengguna narkoba dari kalangan pelajar mayoritas berasal dari jenjang SMA yang mencapai 10 ribu siswa. Kalangan SMP sebesar 7 ribu siswa dan bahkan kalangan siswa SD sudah ada 800 anak. Patutnya kita prihatin dengan penyebaran narkoba yang sangat masif di lingkungan pelajar ini.Kita sebagai remaja harus punya prinsip dan pegangan diri yang kuat untuk tetap menjauhi obat-obatan terlarang. Tanamkan dalam diri kita bahwa narkoba bukanlah solusi dan pelarian. Tidak ada istilah coba-coba atau rasa ingin tahu untuk barang haram ini. Kita bisa melampiaskan energi yang berlebih pada hobi yang positif seperti ilmu pengetahuan, seni, dan olahraga.Tanamkan dalam diri kita bahwa narkoba adalah racun. Efek negatif narkoba bisa merusak jaringan syaraf dalam tubuh. Dampak paling mengerikan dari narkoba adalah over dosis dan kematian. Begitu kejamnya efek negatif narkoba, maka kita harus punya kekuatan penuh untuk menolaknya. Dekatkan diri kita dengan keluarga dan lingkungan yang positif.
Jawaban:
1. Pertama, izinkan saya mengucapkan syukur kepada Alloh SWT
2. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, perkenankan saya Maharani Putri siswa kelas X IPA-2 menyampaikan pidato tentang bahaya narkoba yang mulai merambah kalangan remaja.
3. Bukanlah hal yang dirahasiakan bahwa para pengedar narkoba memang menargetkan para remaja, termasuk siswa sekolah mulai dari SMP sampai SMA sebagai calon pemakai mereka
4. Tak heran karena kalangan remaja memang masih mencari jati diri mereka
5. ILO juga berhasil mengungkap bahwa 4% pengguna narkoba di Indonesia adalah dari kalangan anak-anak yang berusia di bawah 17 tahun
6. Tanamkan dalam diri kita bahwa narkoba bukanlah solusi dan pelarian.
7. Kita bisa melampiaskan energi yang berlebih pada hobi yang positif seperti ilmu pengetahuan, seni, dan olahraga.
8. Tanamkan dalam diri kita bahwa narkoba adalah racun
9. Efek negatif narkoba bisa merusak jaringan syaraf dalam tubuh
Penjelasan:
Kata yang digaris bawahi merupakan kata kerja aktif, mohon maaf jika ada yg kurang benar
Tetap Semangat belajar!!!
14. Perhatikan berikut ini: 1. Beras menjadi tepung 2. Kayu terbakar menjadi arang 3. Es mencair 4. Ketela menjadi tape. Perubahan materi yang digolongkan kedalam perubahan fisis adalah ... (hal. 60), BAB: SIFAT ZAT DAN PERUBAHAN ZAT, Buku Mandiri (Mengasah Kemampuan Diri) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk SMP Kelas 1/ Kurikulum 2013/ Penerbit Erlangga Tahun 2015/ Penulis: Tim Abdi GuruPenerbit Erlangga Kelas 7
Yg termasuk perubahan fisika nomor 2 dan 4perubahan fisis: beras menjadi tepung, es mencair dan ketela menjadi tape
Posting Komentar untuk "Materi Ipa Kelas 3 Smp"