Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Format Penilaian Penjas Kurikulum 2013


Format Penilaian Penjas Kurikulum 2013

silabus penjas sd kurikulum 2013 bisa diperoleh di mana?

1. silabus penjas sd kurikulum 2013 bisa diperoleh di mana?


di google atau di pengajaran

2. apa Karakteristik penilaian kurikulum 2013?


Karakter, Nilai, Budi Pekertikeaktifan siswa dalam proses belajar diskusi

3. Sebutkan 3 penilaian di kurikulum 2013!


Kognitif,Psikomotorik,dan AfektifLebih mengarah ke aspek ketrampilan dan sikap. Di kurnas ini siswa aktif 80%, guru hanya 20%
Penilaian :
- Kognitif
- Psikomotorik
- Afektif(sikap)
Tapi ada juga kombinatorik

4. sebutkan aspek penilaian dalam kurikulum 2013!​


Penjelasan:

aspek

Kurikulum 2013memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku

Jawaban:

Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Di dalam Kurikulum 2013, terutama di dalam materi pembelajaran terdapat materi yang dirampingkan dan materi yang ditambahkan.

Detil jawaban

Kelas: lX

Mapel: Bahasa indonesia

Bab: 1

Kode: 8.1.6

Kata Kunci:-

#Ayo Belajar


5. bahan pelajaran semester genap kurikulum 2013 kelas 7 seni budaya dan penjas


cinthyaa bukanya kamu kls 8 spensa
atau ini bukan cinthyaa kls 8 spensa, maaf ya

materi seni budaya lks bab petama sampai selesai
sedangkan penjas buku paket penjas kur 2013 bab pertama sampai selesai

6. pas penilaian akhir semester matematika peminatan kurikulum 2013​


Jawaban:

semoga jawaban ini membantumu


7. bagaimana cara penilaian guru pada kurikulum 2013


Gru lebih banyak menilai sikap80%penilaian dy ambil dari sikap/akhlak
yg 20%nya dy ambil dri kmampuan otak

8. cara penilaian untuk kurikulum 2013


mengutamakan terhadap penilaian karakter siswa,,keaktifan siswa dlm proses blajar(siswa dituntut lbih aktif dripada guru),,dan tdk menggunakan angka sebagai penilaian akhir utk siswa,tp ,menggunakan predikat A,-A,B,-B,C,-C,,dan D

9. hal-hal yang dinilai antar teman pada penilaian kurikulum 2013


penilaian meliputi aspek sikap,pengetahuan dan keterampilan
Penilaian antar teman : teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik  untuk saling menilai terkait dengan sikap dan perilaku keseharian peserta didik.
Aspek penilaian : Peduli, Disiplin, Tanggung Jawab, Jujur, dsb

10. cara mengisi format analisis media kurikulum 2013


liat aja di situ nanti tinggal isi

11. sebutkan 3 aspek penilaian dalam kurikulum 2013/k13​


Penjelasan:

1. pengetahuan

2.keterampilan

3.sikap atau karakter


12. ada berapa jenis penilaian yg di gunakan pada kurikulum 2013? sebutkan!​


Jawaban:

6 penilaian

semoga bermanfaat dan jadikan jawaban saya jawaban yang tercerdas


13. Sejak tahun ajaran 2013/2014 kurikulum kita menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 menggunakan pendekatan tematik, saintifik, dan penilaian otentik, coba anda beri pengertian ketiganya..?​


A. PEMBELAJARAN TEMATIK

Pembelajaran tematik ini terpadu dilaksanakan dengan menggunakan prinsip pembelajaran terpadu. Pembelajaran terpadu dengan menggunakan tema sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka, untuk dapat  memberikan pengalaman yang bermakna bagi para peserta didik. Peserta didik dalam memahami berbagai konsep yang mereka pelajari selalu melalui pengalaman langsung dan akan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dikuasainya.

B. PENDEKATAN SAINTIFIK

Proses pembelajaran  dengan menggunakan pendekatan saintifik hal maksudnya adalah untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah.

Informasi tersebut bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Maka dari itu, kondisi pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik untuk mencari tahu dari berbagai sumber observasi, bukan dengan cara diberi tahu.

C. PENILAIAN AUTENTIK

Penilaian autentik yaitu merupakan suatu istilah/terminologi yang diciptakan untuk menjelaskan berbagai metode penilaian alternatif yang memungkinkan siswa dapat mendemonstrasikan kemampuannya dalam menyelesaikan tugas-tugas dan menyelesaikan masalah. Sekaligus, bisa mengekspresikan pengetahuan dan keterampilannya dengan cara mensimulasikan situasi yang dapat ditemui di dalam dunia nyata di luar lingkungan sekolah . Dalam hal ini merupakan sebuah simulasi yang dapat mengekspresikan prestasi (performance) siswa yang ditemui di dalam praktik dunia nyata.

Pembahasan

Kurikulum 2013 yaitu merupakan sebuah kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini juga merupakan kurikulum yang tetap diterapkan oleh pemerintah untuk dapat menggantikan Kurikulum-2006 yang telah berlaku yaitu selama kurang lebih 6 tahun.

Pelajari lebih lanjutMateri penjelasan tentang kurikulum pendidikan K13 pada link https://brainly.co.id/tugas/456992Materi penjelasan tentang contoh kurikulum pendidikan K13pada link https://brainly.co.id/tugas/3563615Materi penjelasan konsep kurikulum pendidikan K13 puisi pada link https://brainly.co.id/tugas/13773725Detil Jawaban

Kelas     : VIII

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Bab 1 - Sastra

Kode      : 8.1.1

#AyoBelajar

#SPJ2


14. sebutkan dan jelaskan jenis-jenis penilaian dalam kurikulum 2013​


Jawaban:

1. Penilaian otentik merupakan penilaian yang dilakukan secara komprehensif untuk menilai aspek sikap, pengetahuan, keterampilan mulai dari masukan (input), proses, sampai keluaran (output) pembelajaran. Penilaian otentik bersifat alami, apa adanya, tidak dalam suasana tertekan.

2. Penilaian diri merupakan penilaian yang dilakukan sendiri oleh peserta didik secara reflektif untuk membandingkan posisi relatifnya dengan kriteria yang telah ditetapkan.

3. Penilaian berbasis portofolio merupakan penilaian yang dilaksanakan untuk menilai keseluruhan entitas proses belajar peserta didik termasuk penugasan perseorangan dan/atau kelompok di dalam dan/atau di luar kelas dalam kurun waktu tertentu.

4. Ulangan merupakan proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan dan perbaikan hasil belajar peserta didik.

5. Ulangan harian merupakan kegiatan yang dilakukan secara periodik untuk menilai kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu sub-tema. Ulangan harian terintegrasi dengan proses pembelajaran lebih untuk mengukur aspek pengetahuan, dalam bentuk tes tulis, tes lisan, dan penugasan.

6. Ulangan tengah semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik setelah melaksanakan 8 – 9 minggu kegiatan pembelajaran.

7. Ulangan akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik di akhir semester.

Penjelasan:

Selain penilaian di atas, ada beberapa jenis penilaian antara lain:

1. Ujian Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh satuan pendidikan untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.

2. Ujian Mutu Tingkat Kompetensi yang selanjutnya disebut UMTK merupakan kegiatan pengukuran yang dilakukan oleh pemerintah untuk mengetahui pencapaian tingkat kompetensi. Cakupan UMTK meliputi sejumlah Kompetensi Dasar yang merepresentasikan Kompetensi Inti pada tingkat kompetensi tersebut.

Penilaian dilakukan secara holistik meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan untuk setiap jenjang pendidikan, baik selama pembelajaran berlangsung (penilaian proses) maupun setelah pembelajaran usai dilaksanakan (penilaian hasil belajar). Pada jenjang pendidikan dasar, proporsi pembinaan karakter lebih diutamakan dari pada proporsi pembinaan akademik.

Penjelasan:

Ada 4 aspek/kompetensi yang dinilai, yaitu:

->sikap spiritual

->sikap sosial

->pengetahuan

->keterampilan

Penilaian sikap dapat dilakukan dari observasi(guru yang mengamati), penilaian diri, penilaian dari teman sekelas, dan dari jurnal(pencatatan kelakuan siswa, baik yang baim ataupun yang buruk)

Penilaian pengetahuan dapat dilakukan dari tugas-tugas, Penilaian Harian, Penilaian Tengah Semester, Penilaian Akhir Semester, dan Ulangan Kenaikan Kelas.

Penilaian keterampilan dapat dilakukan dari portofolio, praktik, proyek, dan produk.

Semoga membantu :)


15. Apakah yang Bapak/Ibu ketahui tentang penilaian autentik Kurikulum 2013


Penjelasan:

Asesmen autentik memiliki relevansi kuat terhadap pendekatan ilmiah dalam pembelajaran sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013. Karena, asesmen semacam ini mampu menggambarkan peningkatan hasil belajar peserta didik, baik dalam rangka mengobservasi, menalar, mencoba, membangun jejaring, dan lain-lain

‘°•.JADIKAN JAWABAN TERCERDAS DONG.•°’


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Format Penilaian Penjas Kurikulum 2013"