Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Fungsi Linear Matematika Dan Jawabannya


Soal Fungsi Linear Matematika Dan Jawabannya

Bantuin aku dong buatkan soal soal matematika esay kelas x semester dua , beserta kunci jawabannya , soal soal tsb mencakup tentang limit fungsi, tabel kebenaran, konvers dan invers, statistik dan peluang, logika matematika, ruang dimensi, trigonometri, persamaan dan fungsi kuadrat, matriks, logaritma dan linear. Thx

Daftar Isi

1. Bantuin aku dong buatkan soal soal matematika esay kelas x semester dua , beserta kunci jawabannya , soal soal tsb mencakup tentang limit fungsi, tabel kebenaran, konvers dan invers, statistik dan peluang, logika matematika, ruang dimensi, trigonometri, persamaan dan fungsi kuadrat, matriks, logaritma dan linear. Thx


.apa tu soalnya, aku juga dapat soal tetang ituu
kalo identitas trigono liat profil aku aja

2. QUIZ MATEMATIKAKELAS: 10 SMA (WAJIB)MATERI: FUNGSI LINEAR PERSAMAAN GARIS.Soal:Jika f(-1) = (-9) dan f(3) = 19, maka tentukan persamaan fungsi linearnya!.Syarat untuk menjawab soal :● Dilarang jawaban berupa komentar spam atau asal²an.● Dilarang copas jawaban dari google.● Jawabannya harus disertai dengan penjelasan yang masuk akal.● Gunakanlah kata-katamu sendiri yang baik dan benar.​


Persamaan fungsi linearBentuk umum persamaan linear

[tex]y = mx + c[/tex]

.

Diketahui

[tex]f(-1) = -9 ~\to~ -m + c = -9[/tex]

[tex]f(3) = 19 ~\to~ 3m + c = 19[/tex]

.

Penyelesaian

-m + c = -9 → c = m - 9

Substitusikan ke persamaan kedua

[tex]3m + (m - 9) = 19[/tex]

[tex]4m - 9 = 19[/tex]

[tex]4m = 19 + 9[/tex]

[tex]4m = 28[/tex]

[tex]m = \frac{28}{4}[/tex]

[tex]m = 7[/tex]

.

Substitusikan nilai m ke persamaan pertama

[tex]c = m - 9[/tex]

[tex]c = 7 - 9[/tex]

[tex]c = -2[/tex]

.

Jadi, persamaannya adalah

[tex]\boxed{\boxed{y = 7x - 2}}[/tex]


3. QUIZ MATEMATIKAKELAS: 10 SMA (WAJIB)MATERI: FUNGSI LINEAR PERSAMAAN GARISSoal:Tentukan gradiennya dari 2x + 3y - 6 = 0!Syarat untuk menjawab soal :● Dilarang jawaban berupa komentar atau asal²an.● Dilarang kupas jawaban dari google.● Jawabannya harus disertai dengan langkah cara yang logis.​


Gradien dari 2x + 3y - 6 = 0 adalah [tex]\boxed{\sf{-\dfrac{2}{3}}}[/tex].

PEMBAHASAN

Gradien merupakan nama lain dari kemiringan garis. Berikut beberapa rumus menentukan gradien.

Gradien garis dengan persamaan y = mx + c adalah m.Gradien garis dengan persamaan ax + by = c adalah [tex]\sf{m=-\dfrac{a}{b}.}[/tex]Gradien garis dengan persamaan ax + by + c = 0 adalah [tex]\sf{m=-\dfrac{a}{b}.}[/tex]Gradien garis yang melalui titik (x₁, y₁) dan titik (x₂, y₂) adalah [tex]\sf{m=\dfrac{y_{2}-y_{1}}{x_{2} -x_{1}}.}[/tex]

Diketahui:

2x + 3y - 6 = 0

Ditanyakan:

m = … ?

Jawab:

CARA I :

[tex]\begin{array}{rcl}\sf{2x+3y-6}&=&\sf{0}\\\\\sf{3y}&=&\sf{-2x+6}\\\\\sf{y}&=&\sf{-\dfrac{2}{3}x+\dfrac{6}{3}}\\\\\sf{y}&=&\sf{-\dfrac{2}{3}x+2}\end{array}\\\sf{Diperoleh~m=-\dfrac{2}{3}}[/tex]

CARA II :

[tex]\sf2x+3y-6=0\left\{\begin{array}{l}\sf a=2\\\sf b=3\\\sf c=-6\end{array}\right.\\\begin{array}{rcl}\sf{m}&=&\sf{-\dfrac{a}{b}}\\\\&=&\sf{-\dfrac{2}{3}}\end{array}[/tex]

Jadi gradien dari 2x + 3y - 6 = 0 adalah [tex]\boxed{\sf{-\dfrac{2}{3}}}[/tex].

PELAJARI LEBIH LANJUTGradien garis melalui dua titik : brainly.co.id/tugas/794229Persamaan garis melalui dua titik : brainly.co.id/tugas/30018669Hubungan dua garis : brainly.co.id/tugas/8340988

DETAILJAWABAN

Kelas:10

Mapel:Matematika

Materi:Fungsi

KodeKategorisasi:10.2.3

KataKunci: Fungsi Linier, Gradien Garis


4. Sebuah kelompok tani memiliki lahan 50 ha yang bisa ditanami jagung atau kedelai. Setiap hektar lahan yg ditanami jagung akan memberikan keuntungan Rp. 10.500 sedangkan jika ditanami kedelai keuntungannya Rp. 9.000,- Misalkan, kita hanya memperhatikan hal yg berkaitan dengan penggunaan pestisida (sumber daya lain yg diperlukan tersedia sepenuhnya, tdk menjadi pembatas/konstrain). Setiap hektar tanaman jagung (sampai panen) memerlukan 20 liter pestisida, sedangkan setiap hektar tanaman kedelai memerlukan 10 liter pestisida. Untuk menjaga lingkungan, total pestisida yg digunakan pada seluruh lahan tidak boleh lebih dari 800 liter. Jika J = luas lahan yg ditanami jagung (dlm satuan hektar) dan K = luas lahan yg ditanami kedelai (dlm satuan hektar), jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini: 1. Nyatakan persoalan tsb di atas dalam bentuk model matematika Linear Programming (apa fungsi tujuannya, apa kendala/konstrainnya). 2. Gambarkan persamaan matematika model LP di atas dalam grafik dg sumbu datar J dan sumbu tegak K. Tunjukan garis yg menjadi konstrain-konstrain dari model LP itu. 3. Berapa hektar dari lahan itu harus ditanami jagung dan berapa hektar harus ditanami kedelai agar kelompok tani tsb memperoleh keuntungan maksimal?


Jawaban:

saya sarankan untuk menanyakan ke aplikasi Qanda saja nanti yang akan menjawab soal kamu adalah guru nya langsung jadi saya gak tau maka dari itu saya hanya bisa menyarankan kamu saja

Penjelasan:

jangan lupa untuk kasih bintang 5 dan love nya terimakasih

5. Kelas : VIII (2 SMP) Mapel : MatematikaSemester : 1 (Ganjil) BAB 3 : RELASI DAN FUNGSI[tex]RELASI \: DAN \: FUNGSI[/tex]Soal Terdapat di Buku LKS Halaman 29Pertanyaan :Uji Kompetensi Bab 3Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan benar! 1/4. Diketahui f(x) = 7x + p dan f(2) = 10. Tentukan nilai f(3) + f(-2)!Jawab: ....................................................................2/5. Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Diketahui f(3) = 11 dan f(1) = 7. Tentukan nilai a dan b secara berturut-turut! Jawab: ....................................................................3/6. Diketahui f fungsi linear dan f(x) = ax + 1 dan f(6) = 4. Tentukan:a. bentuk fungsinya;b. nilai f(-2);c. nilai f(-2) + f(2); sertad. bentuk fungsi f(2x - 1).Jawab: ....................................................................​


PENDAHULUAN

Secara sederhana, relasi dapat diartikan sebagai hubungan. Hubungan yang dimaksud yaitu hubungan antara daerah asal (domain) dan daerah kawan (kodomain). Sedangkan fungsi merupakan relasi yang memasangkan tiap anggota himpunan daerah asal ke tepat satu himpunan daerah kawannya.

JAWABAN

[tex]RELASI \: DAN \: FUNGSI[/tex]

UjiKompetensiBab3

Jawablahpertanyaan-pertanyaanberikutdenganbenar!

1/4.Diketahuif(x)=7x+pdanf(2)=10.Tentukannilaif(3)+f(-2)!

Jawab:

f(x) = 7x + p

f(2) = 10

10 = 7(2) + p

10 = 14 + p

10 - 14 = p

p = -4

tuk f(3) = 7(3) + p

= 21 + 7

= 21 + (-4)

= 17

tuk f(-2) = 7(2) + p

= -14 + p

= -14 + (-4)

= -18

maka f(3) + f(-2) = 17 + (-18) = 17 - 18 = -1

2/5.Fungsifdinyatakandenganrumusf(x)=ax+b.Diketahuif(3)=11danf(1)=7.Tentukannilaiadanbsecaraberturut-turut!

Jawab:

f(x) = ax + b

f(3) = a.3 + b

f(1) = a.1 = b

3a + b = 11

a + b = 7

__________ -

2a = 4

a = 4/2

a = 2

a + b = 7

2 + b = 7

b = 7 - 2

b = 5

3/6.Diketahuiffungsilineardenganf(x)=ax+1danf(6)=4.Tentukan:

a.bentukfungsinya;

b.nilaif(-2);

c.nilaif(-2)+f(2);serta

d.bentukfungsif(2x-1).

Jawab:

a. f (x) = 0,5x + 1

b. f (-2) = 0,5(-2) + 1 = -1 + 1 = 0

c. f (2) = 0,5(2) + 1 = 1 + 1 = 2

d. f (2x - 1) = 0,5 (2x - 1) + 1 = x - 0,5 + 1 = x + 0,5

PEMBAHASAN

Relasi dalam matematika adalah aturan yang menghubungkan antara anggota satu himpunan dengan anggota himpunan lainnya.

Sedangkan fungsi adalah relasi khusus yang memetakan setiap anggota himpunan A ke tempat satu ke anggota himpunan B.

Setiap anggota himpunan A dipasangkan ke anggota di himpunan B dan tidak boleh lebih maupun kurang.

(Contoh Gambar "RELASI DAN FUNGSI" ada pada bagian lampiran)

PELAJARI LEBIH LANJUT

RELASIDANFUNGSI

https://brainly.co.id/tugas/1040698

DETAIL JAWABAN

Kelas:VIII (2 SMP) Mapel:MatematikaSemester:1 (Ganjil) Bab:BAB 3 - RELASI DAN FUNGSIHalaman:29 di Buku LKSKodeSoal:3.3

6. Soal : Matematikakelas : 11 SMA/MAMateri : Program Linear Diketahui sebuah persamaan x + y = 10 dan diberikan sebuah fungsi seperti di bawah ini{(x,y)| x ≥ 0; y ≥ 0; 2x + 3y ≤ 8; 3x + 2y ≤ a}Tentukan nilai a pada fungsi di atas sehingga nilai maksimum x + y = 10Jawab dengan menggunakan cara yang baik dan benar ! ​


Jawaban:

a=42

Penjelasan dengan langkah-langkah:

SPtLDV

coba make EliSusi untuk menentukan titik potong

2x + 3y = 8 |×3| 6x + 9y = 24

3x + 2y = a |×2| 6x + 4y = 2a –

0 + 5y = 24 – 2a

y = (24 – 2a)/5

2x + 3y = 8

2x + 3(24 – 2a)/5 = 8

10x + 72 – 6a = 40

10x = 6a – 32

x = (3a – 16)/5

Penyelesaian :

x + y = 10

(3a – 16) + (24 – 2a) = 10

5

a + 8 = 50

a = 50 – 8

a = 42

Jawaban:

x + y = 0

y = 0

x → y = 0

2x + 3y ≤ 8

2x + 3y = 8

x = 4

y → x = 0

2x + 3y ≤ 8

2x + 3y = 8

y = 8/3

3x + 2y ≤ a


7. Tolong bantu jawab soal Program Linear di bawah ini Seorang ibu memproduksi dua jenis kerupuk yaitu kerupuk udang dan kerupuk ikan. Setiap kilogram kerupuk udang membutuhkan modal Rp20.000 dan setiap kg kerupuk ikan membutuhkan modal Rp10.000. Setiap hari hanya dapat memproduksi paling banyak 40 Kg. Modal yang dimiliki Ibu tersebut Rp600.000. Keuntungan setiap kerupuk udang Rp6.000 dan kerupuk ikan Rp4.000. Tentukanlah : a. Model matematika (kendala dan fungsi objektif) b. Gambarlah daerah himpunan penyelesaian kendala beserta titik sudutnya c. Pakailah metode uji titik sudut untuk menentukan nilai maksimum. d. Pendapatan maksimum yang dapat diperoleh pembuat Ibu tersebut.


terjemahkan setiap informasi dalam bentuk tabel : 
                         kebutuhan
jenis kerupuk        modal 
---------------------------------------
udang                   20.000
ikan                      10.000
ketersediaan        600.000

kemampuan pembuatan = 40kg
-----------------------------------------------
Model matematika
variabel keputusan
u = banyaknya kerupuk udang yang diproduksi (dlm kg) perhari
i =  banyaknya kerupuk ikan yang diproduksi (dlm kg) perhari
fungsi objektif
Maks f(u,i) =  6000u + 4000i

kendala
20.000u + 10.000i ≤ 600.000 (kendala  modal)
u + i ≤ 40.....................(kendala kemampuan produksi)
x ≥ 0
y ≥ 0
penyelesaian.
dengan SPL
2u + i = 60
u + i = 40
----------------- (-)
u = 20
i = 20
titiknya → (20,20) ..........(1)

2u + i = 60
titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat
(0,60) → tidak memenuhi kendala
(30,0) →  memenuhi

u + i = 40
titik potong dengan sumbu-sumbu koordinat
(0,40)  → memenuhi
(40,0)  →  tidak memenuhi

uji titik-titik yang memenuhi  (subttitusikan ke FO nya)
titik (u,i)            f(u,i)
------------------------------------------
(20,20)   6(20) + 4(20) = 200k
(30,0)     6(30) + 4(0) = 180k
(0,40)     6(0) + 4(40) = 160k
-----------------------------------------

kesimpulan
keuntungan maksimum didapat jika ibu membuat
20 kerupuk udang dan 20 kerupuk ikan setiap hari.
dengan keuntungan maksimumnya adalah = 200.000


8. Kuis matematika kelas 8 (seluruh materi)Jumlah soal: 10 soalTingkat kesulitan: BervariasiPeraturan: Dilarang copas, dilarang screen shot jawaban dari orang lain atau aplikasi, dilarang jawab asal, jawaban harus lengkap, dan jawaban harus ada penjelasannya.1. Perhatikan barisan-barisan berikut ini :i)   5, 7, 9, 11, 13, 15, ...ii)  5, 11, 17, 23, 29, 35, ....Barisan aritmetika ditunjukkan oleh nomor ....a. i) sajab. ii) sajac. i) dan ii)d. Tidak keduanya2. Jika garis k  melalui titik (1,-2) dan (4,3) , maka garis tersebut ....a. sejajar dengan sumbu- x b. sejajar dengan sumbu-yc. sejajar dengan sumbu- x  dan sumbu- y d. tidak sejajar dengan sumbu-x  maupun sumbu-y3. Diketahui himpunan pasangan berurutan {(1, 4), (2, 7), (3, 4), (3, 5), (4, 1), (4, 4)} yang menyatakan relasi dari himpunan A = {1, 2, 3, 4} ke himpunan B = {1, 4, 5, 7}. Supaya relasi tersebut menjadi fungsi, maka minimal banyaknya pasangan berurutan yang harus dihilangkan dari relasi tersebut ada sebanyak ... buah.a. 0b. 1c. 2d. 34. Diketahui sebuah mobil melalui sebuah jalan dari kota A ke kota B. 60 menit pertama, mobil telah melalui jalan sepanjang 5 km. Pada 60 menit ketiga, mobil telah melalui jalan sepanjang 15 km. Dengan kecepatan rata-rata yang sama, jika mobil tersebut memulai perjalanan pada pukul 07.00 WIB, maka pada pukul 13.00 WIB mobil telah melalui jalan sepanjang ....a. 20kmb. 25kmc. 30kmd. 35km5. Daniel membeli sebuah buku dan dua buah pulpen dengan total harga Rp10.000. Jika x adalah harga sebuah buku dan y harga sebuah pulpen, maka persamaan linear dua variabel yang menggambarkan kondisi di atas adalah....a. 2x - y = 10.000b. x + y = 10.000c. 2x + y = 10.000d. x + 2y = 10.0006. Panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah 30 cm, jika panjang salah satu sisinya 18 cm, maka panjang sisi lainnya adalah …a. 24cmb. 26cmc. 25cmd. 28cm7. Jika luas sebuah lingkaran sama dengan 78,5 cm², maka kelilingnya sama dengan ... (π = 3,14).a. 5cmb. 7,35cmc. 15,7 cmd. 31,4 cm8. Diketahui jumlah dan selisih garis singgung persekutuan luar dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran berturut-turut adalah 12 cm dan 4 cm. Jika jari-jari lingkaran pertama 2 cm, maka jari-jari lingkaran kedua adalah ... cm.a. 2b. 3c. 6d. 89. Sebuah balok mempunyai panjang 14 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm. Jumlah panjang rusuk balok tersebut adalah ...a. 106cmb. 108cmc. 110cmd. 112cm10. Pada sebuah ujian, peluang siswa mendapat nilai minimal 85 adalah 0,57. Dari 5.000 siswa yang mengikuti ujian tersebut, frekuensi harapan dari banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah 85 adalah ....a. 2.000 siswab. 2.150 siswac. 2.850 siswad. 3.000 siswa​


Jawaban:

1. Perhatikan barisan-barisan berikut ini :

i)   5, 7, 9, 11, 13, 15, ...

ii)  5, 11, 17, 23, 29, 35, ....

Barisan aritmetika ditunjukkan oleh nomor ....

a. i) saja

karena bilangannya berurutan dari terkecil ke terbesar

2. Jika garis k  melalui titik (1,-2) dan (4,3) , maka garis tersebut ....

d. tidak sejajar dengan sumbu-x  maupun sumbu-y karena berbentuk diagonal

3. Diketahui himpunan pasangan berurutan {(1, 4), (2, 7), (3, 4), (3, 5), (4, 1), (4, 4)} yang menyatakan relasi dari himpunan A = {1, 2, 3, 4} ke himpunan B = {1, 4, 5, 7}. Supaya relasi tersebut menjadi fungsi, maka minimal banyaknya pasangan berurutan yang harus dihilangkan dari relasi tersebut ada sebanyak ... buah.

A adalah faktor dari B

faktor 5(4,1)(1,4)

faktor 7(3,4)

(2,7) bukan factor B

(3,5)bukan faktor B

(4,4)bukan faktor B

d. 3

4. Diketahui sebuah mobil melalui sebuah jalan dari kota A ke kota B. 60 menit pertama, mobil telah melalui jalan sepanjang 5 km. Pada 60 menit ketiga, mobil telah melalui jalan sepanjang 15 km. Dengan kecepatan rata-rata yang sama, jika mobil tersebut memulai perjalanan pada pukul 07.00 WIB, maka pada pukul 13.00 WIB mobil telah melalui jalan sepanjang ....

c. 30km

waktu 60 menit= 1 jam

jarak 5 km

kecepatan = 5km/ jam

waktu 13.00-07.00= 6 jam

jarak = kecepatan x waktu

= 5x6= 30km

5. Daniel membeli sebuah buku dan dua buah pulpen dengan total harga Rp10.000. Jika x adalah harga sebuah buku dan y harga sebuah pulpen, maka persamaan linear dua variabel yang menggambarkan kondisi di atas adalah....

d. x + 2y = 10.000

buku= x

pulpen = y

x+2y= 10.000

6. Panjang hipotenusa segitiga siku-siku adalah 30 cm, jika panjang salah satu sisinya 18 cm, maka panjang sisi lainnya adalah …

a. 24cm

30²= 18²+x²

900-324= x²

576= x²

x= 24

7. Jika luas sebuah lingkaran sama dengan 78,5 cm², maka kelilingnya sama dengan ... (π = 3,14).

d. 31,4 cm

luas =πr². 78,5= 3,14 .r²

r²= 78,5;3,14= 25

r=5

d= 10

kll =πd= 3,14.10= 31,4 cm

8. Diketahui jumlah dan selisih garis singgung persekutuan luar dan garis singgung persekutuan dalam dua lingkaran berturut-turut adalah 12 cm dan 4 cm. Jika jari-jari lingkaran pertama 2 cm, maka jari-jari lingkaran kedua adalah ... cm.

c. 6

9. Sebuah balok mempunyai panjang 14 cm, lebar 8 cm, dan tinggi 6 cm. Jumlah panjang rusuk balok tersebut adalah ...

d. 112cm

4(14)+4(8)+4(6)

= 56+32+24= 112cm

10. Pada sebuah ujian, peluang siswa mendapat nilai minimal 85 adalah 0,57. Dari 5.000 siswa yang mengikuti ujian tersebut, frekuensi harapan dari banyaknya siswa yang mendapat nilai di bawah 85 adalah ....

b. 2.150 siswa

0,57x 5000= 2850 siswa

5000-2850= 2150;siswa

Penjelasan dengan langkah-langkah:

semoga bermanfaat


9. [tex]\boxed{\boxed{\bold{Soal~Matematika~SMP}}}[/tex]1. Diketahui fungsi [tex]f[/tex] dinyatakan dengan [tex]f : x[/tex] |[tex] {\to}~3x - 5,[/tex] untuk [tex]x[/tex] bilangan real. A.) tentukan rumus fungsi yang paling sederhana dari [tex]f(x + 2),f(2x - 1),[/tex] dan [tex]f(-x + 5).[/tex] B.) tentukan nilai a sehingga [tex]f(a + 2) = f(2a - 1).[/tex] 2. Diketahui [tex]f[/tex] fungsi linear dengan [tex]f(x) = ax + 1[/tex] dan [tex]f(6) = 4.[/tex] tentukan. A.) bentuk fungsi; B.) nilai [tex]f(-2)[/tex]; C.) nilai [tex]f(-2) + f(2)[/tex]; D.) bentuk fungsi [tex]f(2x - 1)[/tex]. "Yg bisa menjawab hanya user mod".


1A.
f(x)=3x-5
f(x+2)=3(x+2)-5=3x-1
f(2x-1)=3(2x-1)-5=6x-8
f(-x+5)=3(-x+5)-5=-3x+10
B.
f(a+2)=f(2a-1)
3(a+2)-5=3(2a-1)-5
a+2=2a-1
-a=3
a=3
2
f(6)=6a+1=4
6a=4-1
6a=3
a=0.5
A.f(x)=0.5 x+1
B.f(-2)=0.5 (-2) + 1 =-1+1 = 0
C.f(2)=0.5(2)+1= 1+1=2
f(-2)=f(2) = 0=2 = 2
D.f(2x-1)=0.5 (2x-1)+1 =x-0.5+1 = x+0.5



Video Terkait


Posting Komentar untuk "Soal Fungsi Linear Matematika Dan Jawabannya"