Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pantomim Untuk Anak Sd


Contoh Pantomim Untuk Anak Sd

merancang musik dalam berpantomim dapat merangsang kreativitas anak untuk berakting

1. merancang musik dalam berpantomim dapat merangsang kreativitas anak untuk berakting


Jawaban:

menambah kecerdasan anak dlm berkreasi

Penjelasan:

maaf kalau salah


2. contoh pantomim tunggal pantomim berpasangan dan pantomim berkelompok​


Jawaban:

PANTOMIM TUNGGAL

pantomim tunggal merupakan pertunjukan pantomim yang dilakukan oleh satu orang. tema dan adegan yang ditampilkan dalam pantomim tunggal biasanya berupa masalah seseorang yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. misalnya ketika berjalan sendiri kemudian tiba-tiba hujan lalu bingung mencari tempat berteduh.

PANTOMIM BERPASANGAN

pantomim berpasangan dilakukan oleh dua orang. tema dan adegan yang dipilih untuk pantomim berpasangan biasanya tentang dua orang yang seharusnya kompak melakukan kegiatan. akan tetapi malah melakukan hal yang sebaliknya sehingga menjadi sebuah adegan lucu. misalnya dua orang hendak mengangkat meja yang seharusnya berjalan searah tetapi mereka berjalan saling berlawanan sehingga terjadi adegan saling menarik meja.

PANTOMIM KELOMPOK

pantomim kelompok dilakukan oleh lebih dari dua orang. contoh adegan pantomim kelompok misalnya di sebuah pasar dengan beragam aktivitas para penjual dan pembeli.


3. sinopsis pantomim lucu untuk sd tolong dijawab secwpatnya ya...bagi yg sudah berpengalaman juga malah bagus


mungkin tema tentang wawakgung
yg tentunya lucu dan gokil

4. Contoh gerak pantomim


Itu photo nya
Itu.. Photo nya bisa dilihat1) Memegang gelas
2) Memegang kaca
3) Memegang pisau
4) Berjalan
5) Berlari
6) Naik Tangga

maaf klo salah:)

5. Contoh naskah pantomim yang mudah dan singkat untuk 4 orang


Judul : Mengisi Liburan Sekolah

Tema : Pendidikan

Pemeran : Abdul, Kadir, Dina, Afifah

Karakter : Abdul (pemalas), Kadir (Rajin), Dina (Periang), Afifah (Religius)

Sinopsis Drama :

Suatu ketika di sebuah majid, berkumpulah 4 orang remaja SMA yang tergabung dalam remaja islam masjid (RISMA). Dalam situasi ini adalah beberapa saat menjelang rapat RISMA akan diadakan. Mereka berbincang-bincang ringan seputar masalah agama dan pendidikan.

Dialog Drama :

Dina : Liburan akhir semester setelah ujian ini apa rencana kalian?

Abdul : Kalau aku lebih baik di rumah. Santai sambil main game dan nonton TV saja. Kalau kamu Din?

Dina : Nanti dulu tanya ke akunya. Aku tunggu jawaban teman-teman lainnya dulu. Kamu mau ke mana liburan ini Dir?

Kadir : Hmm, apa ya? Aku mau beres-beres rumah. Aku juga mau banyak belajar saja. Lagi pula tugas liburan kita kan banyak sekali.

Abdul : Ya ampun, tugas lagi-tugas lagi.

Dina : Kalau kamu Fah? Apa rencanamu?

Afifah : Hmm apa ya? Aku mau menghidupkan masjid saja.

Abdul : Menghidupkan masjid bagaimana maksudmu?

Afifah : Ya aku mau menyibukkan diri dengan kegiatan ibadah di masjid sekaligus menghidupkan kegiatan di dalamnya.

Dina : Misalnya?

Afifah : Ya seperti yang kita lakukan sekarang ini. Saat ini bukankah kita sedang berupaya untuk menghidupkan masjid?

Kadir : Dengan mengobrol begini maksudmu?

Afifah : Bukan bagian mengobrolnya Dir. Tapi rapat yang akan kita selenggarakan beberapa saat nanti. Rapat RISMA ini kan salah satu bentuk upaya untuk menghidupkan rumah ibadah dengan berbagai kegiatan positif.

Dina : Betul juga sih.

Abdul : Din, tadi kamu yang memulai diskusi ini kan? Terus rencanamu apa liburan kali ini?

Dina : Aku sih belum ada rencana apa-apa. Makanya aku coba menggali dari kalian, siapa tahu dapat referensi yang bagus untuk kegiatan selama liburan.

Abdul : Ah, aku sih sudah mantap. Mau santai-santai saja di rumah.

Afifah : Aku punya ide bagus. Dir, kamu mau mengisi liburan dengan belajar kan? Sedangkan Dina belum ada rencana apapun untuk liburan. Bagaimana kalau kita isi saja liburan kita dengan belajar sekaligus mengisi kegiatan di masjid?

Dina : Wah ide bagus itu. Nah, benar kan? Aku bisa dapat referensi liburan dari kalian. He..he. Bagaimana Dir?

Kadir : Wah, boleh juga itu. Mengisi kegiatan di masjid juga kan termasuk aktivitas belajar. Tapi bentuk kegiatannya seperti apa fah?

Afifah : ya kita bisa adakan seminar keotentikan Al-Qur’an dengan ilmu pengetahuan, lomba cerdas cermat TPA, lomba hafalan Al-Qur’an, dan lainnya. Semua nanti akan kita bahas di rapat Risma. Bagaimana?

Kadir : wah, ide bagus.

Dina : baiklah, aku ikut kamu Fah. Lalu kamu bagaimana Dul? Masih mau santaisantai di rumah?

Abdul : yah, bagaimana ya? Kalau semuanya mau menyibukkan diri dengan aktivitas di masjid, ya mau tidak mau aku ikut.

Dina : ha..ha. nah, begitu donk Dul. Oke, kita sudah sepakat.

Afifa : Oh iya, sudah pukl 13.00 WIB. Kita mulai saja rapatnya.

Kadir, Dina, Abdul : Oke. Kita mulai sekarang!

Akhirnya rapat Risma pun dimulai dengan agenda pembahasan rencana kegiatan remaja masjid untuk mengisi waktu liburan sekolah.


6. buatkan contoh naskah pantomim untuk dua orang yang pendek sekali


AYOSEKOLAH

Suatu malam, Sinur sedang belajar. Dengan serius dia mengerjakan soal-soal pekerjaan rumahnya. Tak terasa hari sudah mulai larut malam. Mungkin karena sulitnya soal, Sinur berpikir keras, hingga akhirnya dia tertidur. Dalam tidurnya dia bermimpi ….

Pagi menjelang, tiba-tiba Sinur bangun dan tersentak kaget. Jam Alarm di meja belajarnya sudah menunjukkan pukul 06.30. Terlambat, pikir Sinur. Dengan terburu-buru dia pergi ke kamar mandi, tak lupa gosok gigi, dan karena sudah terlambat Sinur hanya cuci muka saja. Kemudian dia berganti pakaian dengan seragam sekolahnya.

Waduh, sudah jam 06.30 lewat! Dengan lebih cepat lagi, dia mengambil tas sekolahnya, menyambar sepeda pancalnya, lalu berangkat dengan cepat.

Di perjalanan Sinur ngebut. Salip kanan, salip kiri, meluncur dengan cepat, tapi tak lupa menyapa tetangga. Tiba-tiba ada penyeberang jalan, dia mengerem mendadak sepedanya. Namun, untung tak dapat diraih, malang menimpanya. Tabrakan tak bisa dihindari. Sinur jatuh bergulung-gulung, tapi anehnya dia tidak apa-apa, luka pun dia tidak merasa, sepedanya juga baik-baik saja. Dia langsung bangun dan mengambil sepedanya. Sembari membungkuk-bungkuk, dia meminta maaf dan menjelaskan mengapa terburu-buru; karena terlambat ke sekolah.

Wah! Sudah jam 7, rasanya kena marah Pak Guru. Sinur meneruskan perjalanannya. Dia pacu sepedanya, tapi kali ini dia tidak berani mengebut. Sampai akhirnya, gerbang sekolah sudah kelihatan. Dengan wajah penuh ketakutan, dia menoleh ke kanan ke kiri. Mungkin ada teman yang terlambat juga.

Sesampai di depan sekolah, Sinur membuka gerbang. Terkunci. Waduh, bagaimana ini? Dia melihat-lihat ke dalam lalu menggapai atas pagar, siapa tahu kelihatan penjaga sekolah. Sepi …, tidak ada seorang pun di dalam sekolah. Tiba-tiba pundaknya ditepuk seseorang. Ternyata Riky teman sekelasnya.

Ah, ternyata hari ini tanggal merah, hari libur. Lega dan malu bercampur jadi satu perasaan dalam hati Sinur. Akhirnya, Sinur pulang dengan tersenyum malu.

Sesampainya di rumah, Sinur mengambil buku dalam tasnya untuk dibaca hingga akhirnya tertidur di meja belajarnya.

Tiba-tiba … “Sinur, bangun! Kamu tidak berangkat sekolah? Ayo bangun, Nak!” ibunya membangunkan. Antara sadar dan tidak, Sinur menunjuk kalender. “Hari ini libur, Bu”. “Lho, hei, lihat lagi kalendernya, ini bukan hari libur! Ayo bangun. Kamu sudah terlambat!”

Ha! Iya, hari ini bukan hari libur. Waduh, kurang lima menit lagi bel sekolah. Aduh Mak, ini kenyataan, yang tadi adalah mimpi. Wah, terlambat lagi ….

“Ayo, sekolah!!” bentak ibunya.


7. Contoh naskah pantomim yang mudah dan singkat untuk 4 orang


Elan : Sepi sekali, Apa Cuma kita berempat yang dapat giliran ronda malam ini?

Budi : Harusnya ada tujuh orang. Tapi yang di sini cuma kita saja.

Efendi : kenapa semakin lama warga semakin enggan dan malas untuk ronda ya?

Adi : Ya…, mungkin saja yang tidak datang ke pos siskamling malam ini sedang kelehalahan karena aktivitasnya. Atau mungkin saja mereka sedang ada keperluan mendesak.

Elan : Keperluan mendesak juga tidak selalu pada saat giliran jaga kan?

Budi : ha..ha. bisa saja kam Lan.

Efendi : Minggu lalu masih ada lima orang termasuk kita. Sekarang berkurang satu orang lagi. Ada apa ya sebenarnya?

Elan : Ya apalagi kalau bukan kurangnya kesadaran untuk menjalankan program siskamling. Padahal kan kegiatan ini sangat kita perlukan demi menjaga keamanan lingkungan kita.

Budi : Siskamling juga asyik sih sebenarnya, bisa kumpul dengan kalian sambil minum kopi dan makan kacang rebus. Ha..ha.

Efendi : Dasar kamu ini Bud.

Adi : Yang jelas kegiatan siskamling ini sangat kita butuhkan. Demi kebaikan kita sendiri sebagai warga negara. Dengan adanya warga yang berjaga di malam hari, secara efektif akan mampu mencegah terjadinya tindak kriminalitas seperti pembegalan, penodongan, dan yang paling utamanya lagi adalah pencurian di rumah warga. Yang perlu kita lakukan adalah mengingatkan warga yang tidak ikut serta dalam kegiatan ronda!

Elan : Memang harus diingatkan itu mereka yang tidak pernah datang untuk berjaga! Enak betul mereka. Kita yang jaga, mereka enak-enakan tidur.

Budi : Sabar lan, sabar! He..he.

Efendi : Sudahlah, besok pagi kita laporkan siapa saja yang tidak pernah ikut ronda, termasuk yang jarang hadir juga. Ini demi keamaan serta ketentraman kampung kita.

Adi : Setuju. Kita juga perlu megingatkan yang bersangkutan. Tapi tetap dengan cara santun dan beretika.

Elan : Ya sudah, sekarang kita keliling kompleks dulu. Dari tadi kita cuma ngobrol saja. Terutama kamu Bud, makan saja kerjamu.

Budi : he…he. Maaf maaf. Ayo kita berkeliling!

Adi, Efendi : Baiklah, ayo kita berangkat!

Akhirnya mereka berempat berkeliling kompleks untuk memastikan keamanan kampung agar tetap terjaga dengan baik.


8. 1. Apa fungsi persiapan panitia penyelenggara dalam pementasan pantomim! 2. Tuliskan beberapa contoh publikasi untuk pementasan pantomim! 3. Apa fungsi dokumentasi dalam pementasan pantomim! 4. Bagaimana riasan wajah pada pementasan pantomim?


1, untuk menyusun acara agar tidak berantakan

4


9. Apa contoh cerita pantomim?


si kembar berdua jika cerita tersebut sudah si hapus disosmed atau gogle jangan salahkan saya soal nya itu cerita udah lama

10. Apa contoh dari pantomim?


Pantomim
Tema : Kebersihan
Nama Sekolah : SD Negeri Kadilangu
Dua anak Basit dan Ariq baru bangun tidur. Keduanya menggerak-gerakkan badannya yang masih kaku. Mereka berdua merapikan tempat tidur mulai dari menata bantal, merapikan sprai, dan melipat selimut. Basit bercanda merebut selimut Ariq, terjadilah tarik-tarikan diantara keduanya dan akhirnya mereka berdua terpentalSelang beberapa lama keduanya pergi mandi. Ariq langsung mandi di kamar mandi sedangkan Basit malah mengantuk didepan kamar. Tak lama kemudian Basit mendengar kalau Ariq sedang mandi, lalu Basit mengintip.
Ariq selesai mandi, lalu keluar dari kamar mandi. Ternyata Basit mendorong pintu dari luar, terjadilah dorong-mendorong diantara keduanya sampai pintu terjatuh ke lantai. Mereka pun tertawa.
Selanjutnya Basit mandi, Ariq berpakaian di kamar. Basit keluar kamar mandi setelah selesai mandi, pada saat sampai keluar pintu kamar mandi handuknya lepas. Dengan tergesa-gesa dia membetulkan handuknya dan menuju ke kamar untuk berpakaian.
Ketika berpakaian Ariq mengatur meja belajar dengan menata buku yang berserakan. Basit keluar dari kamarnya, kemudian keduanya sepakat untuk mengatur ruang tamu. Mulai dari menyapu, mengepel dan menata ruang tamu. Setelah itu mereka berdua pergi menyiram tanaman dan mencabuti rumput di halaman rumah.
Selesai membersihkan halaman keduanya mencuci tangan dan bergegas untuk sarapan pagi. Mereka makan sangat lahap, bahkan di sela-sela makan ada salah satu yang kesedag sampai batuk. Selesai makan Basit mengambil buah pisang sebagai makanan penutup, tapi kulit pisang tersebut dibuang sembarangan olehnya. Ariq menasehati Basit untuk membuang sampah pada tempatnya, kemudian diambilnya kulit pisang itu, lalu dibuang ke tempat sampah.
~~~~~ Selesai ~~~
Maaf kalo salah ya ini cerita

11. Contoh naskah pantomim yang mudah dan singkat untuk 4 orang


Dina : Liburan akhir semester setelah ujian ini apa rencana kalian?

Abdul : Kalau aku lebih baik di rumah. Santai sambil main game dan nonton TV saja. Kalau kamu Din?

Dina : Nanti dulu tanya ke akunya. Aku tunggu jawaban teman-teman lainnya dulu. Kamu mau ke mana liburan ini Dir?

Kadir : Hmm, apa ya? Aku mau beres-beres rumah. Aku juga mau banyak belajar saja. Lagi pula tugas liburan kita kan banyak sekali.

Abdul : Ya ampun, tugas lagi-tugas lagi.

Dina : Kalau kamu Fah? Apa rencanamu?

Afifah : Hmm apa ya? Aku mau menghidupkan masjid saja.

Abdul : Menghidupkan masjid bagaimana maksudmu?

Afifah : Ya aku mau menyibukkan diri dengan kegiatan ibadah di masjid sekaligus menghidupkan kegiatan di dalamnya.

Dina : Misalnya?

Afifah : Ya seperti yang kita lakukan sekarang ini. Saat ini bukankah kita sedang berupaya untuk menghidupkan masjid?

Kadir : Dengan mengobrol begini maksudmu?

Afifah : Bukan bagian mengobrolnya Dir. Tapi rapat yang akan kita selenggarakan beberapa saat nanti. Rapat RISMA ini kan salah satu bentuk upaya untuk menghidupkan rumah ibadah dengan berbagai kegiatan positif.

Dina : Betul juga sih.

Abdul : Din, tadi kamu yang memulai diskusi ini kan? Terus rencanamu apa liburan kali ini?

Dina : Aku sih belum ada rencana apa-apa. Makanya aku coba menggali dari kalian, siapa tahu dapat referensi yang bagus untuk kegiatan selama liburan.

Abdul : Ah, aku sih sudah mantap. Mau santai-santai saja di rumah.

Afifah : Aku punya ide bagus. Dir, kamu mau mengisi liburan dengan belajar kan? Sedangkan Dina belum ada rencana apapun untuk liburan. Bagaimana kalau kita isi saja liburan kita dengan belajar sekaligus mengisi kegiatan di masjid?

Dina : Wah ide bagus itu. Nah, benar kan? Aku bisa dapat referensi liburan dari kalian. He..he. Bagaimana Dir?

Kadir : Wah, boleh juga itu. Mengisi kegiatan di masjid juga kan termasuk aktivitas belajar. Tapi bentuk kegiatannya seperti apa fah?

Afifah : ya kita bisa adakan seminar keotentikan Al-Qur’an dengan ilmu pengetahuan, lomba cerdas cermat TPA, lomba hafalan Al-Qur’an, dan lainnya. Semua nanti akan kita bahas di rapat Risma. Bagaimana?

Kadir : wah, ide bagus.

Dina : baiklah, aku ikut kamu Fah. Lalu kamu bagaimana Dul? Masih mau santaisantai di rumah?

Abdul : yah, bagaimana ya? Kalau semuanya mau menyibukkan diri dengan aktivitas di masjid, ya mau tidak mau aku ikut.

Dina : ha..ha. nah, begitu donk Dul. Oke, kita sudah sepakat.

Afifa : Oh iya, sudah pukl 13.00 WIB. Kita mulai saja rapatnya.

Kadir, Dina, Abdul : Oke. Kita mulai sekarang!

Akhirnya rapat Risma pun dimulai dengan agenda pembahasan rencana kegiatan remaja masjid untuk mengisi waktu liburan sekolah.


12. CONTOH CERITA PANTOMIM


seperti kartun charlie caplin

13. buatlah contoh pantomim


tidak bicara tapi menggunakan kata isyarat tapi bermanfaat

14. sebutkan contoh contoh aktivitas aktivitas manusa yang bisa dan biasa di pergunakan untuk pertunjukan pantomim!​


Jawaban:

~Berpetualang di hutan ( gunung , pantai , dll)

~Bermain bola ( Sepak , Basket , Voli )

~Membantu Orang

~Mengelap Kaca

Penjelasan:

Pantomim adalah suatu pertunjukan teater akan isyarat, dalam bentuk mimik wajah atau gerak tubuh, sebagai dialog, Jenis pertunjukan ini telah dikenal sejak zaman Romawi Kuno dan sering digunakan dalam ritus keagamaan dengan cerita umumnya seputar mitologi Yunani.

Semoga Membantu

maaf kalo salah ~


15. Contoh gerak pantomim


gerak geser kaca . iyakan?Contoh gerak pantomim ada banyak,misalnya dalam melakukan kegiatan sehari hari seperti,berangkat sekolah pulang sekolah,belajar,dll

Video Terkait


Posting Komentar untuk "Contoh Pantomim Untuk Anak Sd"