Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jawaban Uji Kompetensi Halaman 17 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013


Jawaban Uji Kompetensi Halaman 17 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013

jawaban uji kompetensi halaman 69-70 kelas 8 kurikulum 2013​

1. jawaban uji kompetensi halaman 69-70 kelas 8 kurikulum 2013​


Jawaban:

1c

2b

3b

4b

5b

6b

7d

8a

9d

10d

11c

12d

13d

14b

15c

16a

17b

18c

19a

20a

Penjelasan:

semoga jawabannya benar yaa.aamiiin


2. Uji kompetensi 1 halaman 58 kelas 9 kurikulum 2013


Uji kompetensi 1 halaman 58 kelas 9 kurikulum 2013

1. Dapatkan hasil dari operasi perpangkatan berikut ini

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{5}}[/tex] = 8

2. Dapatkan bentuk perpangkatan yang ekivalen dengan bilangan dibawah ini.

a. [tex]\sqrt[2]{8}[/tex] = [tex]2^{3/2}[/tex]

b. [tex]\sqrt[3]{27}[/tex] = 3

3. Diketahui [tex]\frac{(x^{n - 1}y^{n})^{3}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex] senilai dengan xᵃyᵇ. Nilai [tex]\frac{b}{a}[/tex] adalah 2.

4. Sederhanakan operasi perpangkatan berikut ini.

a. y³ × (3y)² = 9y⁵

b. √b2y⁵ × b³6y² = 12[tex]b^{7/2}[/tex]y⁷

c. (tn³)⁴ × 4t³ = 4t⁷n¹²

d.(2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 30x⁹y¹⁰

5. Tuliskan bilangan di bawah ini dalam notasi ilmiah

a. 0,00000056 = 5,6 × 10⁻⁷

b. 2.500.000 = 2,5 × 10⁷

c. 0,98 = 9,8 × 10⁻¹

d. 10.000.000.000.000 = 1 × 10¹³

6. Hitung hasil perpangkatan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dalam notasi ilmiah

a. 12 × 2³ = 9,6 × 10

b. 7,27 × 10² - 0,5 × 10³ = 2,27 × 10²

c. (8,32 × 10⁴) : (4 × 10⁻⁶) = 2,08 × 10¹⁰

d. 3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 1,924 × 10

Simak pembahasan berikut.

Pembahasan

1. Dapatkan hasil dari operasi perpangkatan berikut ini

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{5}}[/tex]

jawab:

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = [tex]\frac{(2^{6})^{2} + (2^{4})^{3}}{(2^{2})^{5}}[/tex]

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = [tex]\frac{2^{12} + 2^{12}}{2^{10}}[/tex]

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = [tex]\frac{2.2^{12}}{2^{10}}[/tex]

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = [tex]\frac{2^{1}.2^{12}}{2^{10}}[/tex]

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = [tex]\frac{2^{12+1}}{2^{10}}[/tex]

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = [tex]\frac{2^{13}}{2^{10}}[/tex]

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = 2¹³⁻¹⁰

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = 2³

[tex]\frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{3}}[/tex] = 8

2. Dapatkan bentuk perpangkatan yang ekivalen dengan bilangan dibawah ini.

a. [tex]\sqrt[2]{8}[/tex] = [tex]\sqrt[2]{2^{3}}[/tex]

[tex]\sqrt[2]{8}[/tex] = [tex]2^{3/2}[/tex]

b. [tex]\sqrt[3]{27}[/tex] = [tex]\sqrt[3]{3^{3}}[/tex]

[tex]\sqrt[3]{27}[/tex] = [tex]3^{3/3}[/tex]

[tex]\sqrt[3]{27}[/tex] = [tex]3^{1}[/tex]

[tex]\sqrt[3]{27}[/tex] = 3

3. Diketahui [tex]\frac{(x^{n - 1}y^{n})^{3}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex] senilai dengan xᵃyᵇ. Tentukan nilai [tex]\frac{b}{a}[/tex]

jawab:

[tex]\frac{(x^{n - 1}y^{n})^{3}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex] = [tex]\frac{x^{3(n - 1)}y^{3n}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex]

[tex]\frac{(x^{n - 1}y^{n})^{3}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex] = [tex]\frac{x^{3n - 3}y^{3n}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex]

[tex]\frac{(x^{n - 1}y^{n})^{3}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex] = x⁽³ⁿ⁻³⁾⁻²ⁿy³ⁿ⁻⁽⁶⁺ⁿ⁾

[tex]\frac{(x^{n - 1}y^{n})^{3}}{x^{2n}y^{6+n}}[/tex] = xⁿ⁻³y²ⁿ⁻⁶

xᵃyᵇ = xⁿ⁻³y²ⁿ⁻⁶

Maka diperoleh:

a = n - 3

b = 2n - 6

Sehingga nilai [tex]\frac{b}{a}[/tex] adalah

[tex]\frac{b}{a}[/tex] = [tex]\frac{2n - 6}{n - 3}[/tex]

[tex]\frac{b}{a}[/tex] = [tex]\frac{2(n - 3)}{n - 3}[/tex]

[tex]\frac{b}{a}[/tex] = 2

4. Sederhanakan operasi perpangkatan berikut ini.

a. y³ × (3y)² = y³ × 3²y²

y³ × (3y)² = 9y³⁺²

y³ × (3y)² = 9y⁵

b. √b2y⁵ × b³6y² = 12b³√by⁵⁺²

√b2y⁵ × b³6y² = 12[tex]b^{1/2 + 3}[/tex]y⁷

√b2y⁵ × b³6y² = 12[tex]b^{7/2}[/tex]y⁷

c. (tn³)⁴ × 4t³ = t⁴n¹² × 4t³

(tn³)⁴ × 4t³ = 4t⁴⁺³n¹²

(tn³)⁴ × 4t³ = 4t⁷n¹²

d. (2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 2x³ × 3x⁶y⁶ × 5y⁴

(2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 30x³⁺⁶y⁶⁺⁴

(2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 30x⁹y¹⁰

5. Tuliskan bilangan di bawah ini dalam notasi ilmiah

a. 0,00000056 = 5,6 × 10⁻⁷

b. 2.500.000 = 2,5 × 10⁷

c. 0,98 = 9,8 × 10⁻¹

d. 10.000.000.000.000 = 1 × 10¹³

6. Hitung hasil perpangkatan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dalam notasi ilmiah

a. 12 × 2³ = 12 × 8

12 × 2³ = 96

12 × 2³ = 9,6 × 10

b. 7,27 × 10² - 0,5 × 10³ = 7,27 × 10² - 5 × 10²

7,27 × 10² - 0,5 × 10³ = (7,27 - 5) × 10²

7,27 × 10² - 0,5 × 10³ = 2,27 × 10²

c. (8,32 × 10⁴) : (4 × 10⁻⁶) = [tex]\frac{8,32}{4}[/tex] × 10⁴⁻⁽⁻⁶⁾

(8,32 × 10⁴) : (4 × 10⁻⁶) = 2,08 × 10⁴⁺⁶

(8,32 × 10⁴) : (4 × 10⁻⁶) = 2,08 × 10¹⁰

d. 3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 3,7 × 5,2 × 10³⁻³

3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 19,24 × 10⁰

3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 19,24 × 1

3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 19,24

3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 1,924 × 10

Pelajari lebih lanjutMennetukan volume kolam https://brainly.co.id/tugas/23427619----------------------------------------------------Detil jawaban

Kelas: 9

Mapel: Matematika

Bab: Bilangan berpangkat

Kode: 9.2.1

Kata kunci: Uji, kompetensi, halaman, 58, kelas 9


3. Jawaban bahasa indonesia uji kompetensi bab 3 kurikulum 2013


Kunci Jawaban Bahasa Indonesia SMA/MA. 1. a. 2. b. 3. d. 4.e. 5.c. 6.a. 7.b. 8.e. 9.a. 10.a. 11.e. 12.d. 13.a. 14.e. 15.a. 16.e. 17.d. 18.c. 19.a. 20.d. 21.e. 22.e.


4. jawaban uji kompetensi ipa bab 10 kelas 8 kurikulum 2013


A. 1. C. R, S, T

2. B. tekanan udara telinga tengah sama dengan telinga luar

3. A. (1)-(2)-(3)-(6)-(5)-(4)-(7)-(8)

4. A. 1,5

5. C. arah rambatnya

6. A. 6,8

7. B. jarak sumber bunyi dengan dinding pemantul

8. C. 10.800

9. C. antara 20- 20.000

10. B. 512

B. 1. a. 1,5 gelombang. Penjelasan: satu gelombang terdiri atas satu bukit gelombang dan satu lembah gelombang. Di gambar ada dua bukit dan satu lembah, maka panjangnya 1,5 gelombang

b. amplitudo gelombang di titik E, F, dan G dengan panjang 2 cm. Penjelasan: Amplitudo adalah simpangan terbesar dari gelombang

c. periode gelombang = 1,5 detik. Penjelasan: Periode adalah waktu yang diperlukan dalam satu gelombang

d. panjang gelombang = 30 cm

e. cepat rambat gelombang = 0,13 m/s

Penjelasan:

[tex] \boxed {v = \frac {s}{t}} \\ v = \frac {30 \: cm}{2,25 \: sekon} \\ v = \frac {0,3 \: m}{2,25 \: sekon} \\ v = 0,13 \: m/s[/tex]

f. jumlah gelombang selama dua menit 80 gelombang. Penjelasan:

[tex] \boxed {T = \frac {t}{n}} \\ 1,5 \: sekon = \frac {2 \: menit }{n} \\ n = \frac {120 \: sekon }{1,5 \: sekon} \\ n = 80 \: gelombang [/tex]

2. Diketahui: waktu (s) = 1,5 sekon. Kecepatan (v) = 320 m/s

Ditanya: jarak (s)

Jawab:

[tex] \boxed {s = v \times t } \\ s = 320 \: m/s \times 1,5 \: sekon \\ s = 480 \: m [/tex].

Jadi jarak sumber petir adalah 480 m.

3. sistem sonar menirukan cara yang digunakan oleh lumba lumba atau paus saat berkomunikasi dengan menggunakan ultrasonik. Dampak negatifnya adalah merusak biota laut, karena mengacaukan penginderaan paus dan lumba lumba, sehingga banyaka kasus paus terdampar. Selain itu, ultrasonik juga dapat mengganggu perkembangan otak.

4. bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar. Getaran tersebut merambat melalui udara dalam bentuk gelombang. Salah satu komponen dalam gelombang adalah amplitudo. Amplitudo merupakan simpangan terbesar dari gelombang. Amplitudo inilah yang menentukan kuat lemahnya bunyi. Semakin besar simpangannya semakin kuat bunyinya, begitupun sebaliknya. Nah, simpangan terbesar dari sebuah gelombang terdapat di dekat sumber getaran. Semakin jauh gelombang, maka simpangannya juga akan semakin mengecil. Dengan demikian, semakin kita jauh dari sumber suara, maka semakin lemah suara tersebut terdengar. Begitu pun sebaliknya.

5. a. ya

b. pada pemantulan bunyi di ruang kosong, bunyi pantulnya tidak jelas, dan hampir berbarengan dengan bunyi aslinya. Sedangkan, pada pemantulan bunyi pada dinding tebing, bunyi pantulnya terdengar setelah bunyi asli, dan bunyinya sama seperti aslinya

c. ya, misalnya pada penggunaan ultrasonik pada sonar untuk menangkap ikan atau mengukur kedalaman laut dan alat USG untuk memeriksa janin di dalam perut calon ibu

d. pertama, bunyi dipancarkan ke suatu tempat. Kedua, gelombang bunyi merambat lurus hingga mengenai objek di bawah laut , kemudian bunyi tersebut dipantulkan. Ketiga, pantulan balik dari bunyi tersebut ditangkap kembali oleh alat di kapal. Keempat, menghitung jarak antara pertama kali bunyi dipancarkan hingga bunyi pantul ditangkap, sehingga dapat ditemukan jarak aslinya.

Semoga bermanfaat

Pelajari lainnya:

https://brainly.co.id/tugas/545003

Manfaat gelombang bunyi

https://brainly.co.id/tugas/110646

Tuliskan beberapa contoh sumber gelombang bunyi

__________

Mapel: Sains

Kelas: 8

Materi: Bab. 10 - Getaran, Gelombang, dan Bunyi dalam Kehidupan Sehari hari

Kode kategorisasi: 8.6.10

Kata kunci: bunyi, gelombang, getaran, uji kompetensi

#OptiTeamCompetition

5. Jawaban uji kompetensi ipa kelas 8 halaman 283 semester 1 kurikulum 2013 revisi


Jawaban uji kompetensi ipa kelas 8 halaman 283 semester 1 kurikulum 2013 revisi adalah 1. C, 2. D, 3. A, 4. C, 5. D, 6. D, 7. D, 8. B, 9. A, 10. A dan C. Uji kompetensi ipa kelas 8 halaman 283 semester 1 kurikulum 2013 merupakan uji kompetensi tentang system peredaran darah pada manusia.

Pembahasan

Poin nomor 1

Pernyataan yang tepat tentang ciri-ciri komponen penyusun darah adalah C. plasma darah adalah cairan darah yang di dalamnya terdapat protein plasma dan zat terlarut lainnya. Komponen terbanyak dalam plasma darah adalah air. Fungsi plasma darah antara lain untuk mengangkut zat makanan serta hormone.

Poin nomor 2

Pernyataan yang benar tentang sel darah putih adalah D. fungsi utama dari sel darah putih adalah melawan kuman/bibit penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan membentuk antibody. Leukosit memiliki ciri antara lain bentuk bulat tidak teratur, memiliki inti sel, berwarna bening, dan berjumlah kurang lebih 4.000 – 9.000 per cc darah.

Poin nomor 3

Oksigen dalam darah akan diangkut oleh  A. eritrosit. Oksigen akan terikat pada hemoglobin dalam eritrosit.  Hemoglobin inilah yang memberikan pigmen atau pewarna pada eritrosit. Eritrosit berbentuk bulat, pipih serta bikonkaf. Eritrosit tidak memiliki inti sel sehingga hanya mampu hidup sekitar 120 hari kemudian dirombak di hati. Jumlah eritrosit sekitar 5 juta / cc darah.

Poin nomor 4

Pernyataan yang tepat tentang transfusi darah agar tidak terjadi penggumpalan darah pada resipien adalah C. resipien yang memiliki golongan darah AB dapat menerima

darah dari semua golongan. Oleh sebab itu golongan darah AB disebut sebagai resipien universal. Sedangkan golongan darah O disebut sebagai donor universal, yaitu golongan O dapar di donorkan ke semua golongan darah.

Poin nomor 5

Perhatikan diagram proses pembekuan darah di bawah ini!

Saat terjadi luka, maka trombosit pecah dan menghasilkan trombokinase atau tromboplastin. Trombokinase bersama ion kalsium dan vitamin K akan mengubah protrombin menjadi thrombin. Thrombin akan mengubah fibrinogen menjadi benang fibrin sehingga luka akan tertutup.

Poin nomor 6

Perhatikan kelainan-kelainan berikut.

(1) Hipertensi      (4) Arteriole

(2) Hipotensi       (5) Anemia

(3) Buta warna    (6) Stroke

Yang merupakan gangguan yang terjadi pada sistem peredaran darah terdapat pada nomor  D. (1) , (2), (5), dan (6).

Hipertensi merupakan kelainan dimana tekanan darah lebih tinggi dari 120/80 mmHg.

Hipotensi merupakan kelainan dimana tekanan darah lebih rendah dari 120/80 mmHg.

Anemia merupakan kelainan dimana darah kekurangan hemoglobin atau eritrosit.

Stroke merupakan pecahnya pembuluh darah otak karena adanya penyumbatan arteri otak.

Poin nomor 7

Urutan peredaran darah yang benar adalah D. seluruh tubuh – serambi kanan – bilik kanan – paru-paru –serambi kiri – bilik kiri – seluruh tubuh

Pelajari lebih lanjut tentang peredaran darah di: https://brainly.co.id/tugas/13891035.

Poin nomor 8

Pembuluh darah yang kaya dengan oksigen berasal dari paru-paru dan masuk ke serambi kiri adalah B. vena pulmonalis

Pelajari lebih lanjut tentang pembuluh darah di: https://brainly.co.id/tugas/12951150.

Poin nomor 9

Tabel perbedaan pembuluh darah berikut ini yang benar adalah A. arteri = mengalirkan darah ke luar jantung, vena = mengalirkan darah menuju ke jantung.

Poin nomor 10. Pak Beni menderita sakit jantung. Berikut ini saran yang paling

tepat diberikan kepada Pak Beni adalah A. Pak Beni harus mengurangi konsumsi minuman beralkohol dan mengurangi rokok dan C. Pak Beni harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang berlemak.

Pelajari lebih lanjut tentang jantung di: https://brainly.co.id/tugas/13649732.

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mapel: biologi

Bab: sistem peredaran darah pada manusia

Kode: -

Kata kunci: plasma darah, eritrosit, resipien universal, hipertensi


6. uji kompetensi ipa kurikulum 2013 semester 2 halaman 26 Dan 27


Organ sistem pencernaan:

a. mulut

b. tenggorokan (esofagus)

c. lambung

d. hati

e. saluran empedu

f. kantung empedu

g. duodenum

h. pankreas

i. Kolon transversum

j. kolon asendens

k. jejunum

l. kolon desendens

m. ileum

n. cecum

o. appendix (usus buntu)

p. Kolon sigmoid

q. rektum

r. anus



PembahasanOrgan sistem pencernaan pencernaan 1. Mulut

Mulut merupakan organ yang berfungsi sebagai pintu masuk makanan ke dalam tubuh. Di dalam mulut terdapat sub organ yaitu:

Rongga mulut berfungsi sebagai tempat makanan diproses secara mekanis, gigi berfungsi melakukan pencernaan makanan secara mekanis (mengunyah), lidah untuk mengecap rasa dan membantu makanan masuk ke dalam kerongkongan,  kelenjar ludah menghasilkan enzim ptialin yang membantu pencernaan secara kimia.
2. Kerongkongan (Esofagus)

Kerongkongan (esofagus) merupakan organ berbentuk tabung yang menghubungkan mulut dan lambung. Pada kerongkongan terdapat otot-otot yang dapat melakukan gerak peristaltik saat mengantarkan makanan ke dalam lambung. Setelah melalui pencernaan mekanis yang dilakukan gigi dan pencernaan kimiawi yang dilakukan ludah, karbohidrat kemudian ditelan masuk dan melewati tenggorokan (esofagus).


3. Lambung

Pada lambung makanan mengalami penghancuran secara sempurna. Pencernaan kimia yang dilakukan lambung terhadap makanan dilakukan dengan bantuan beragam jenis enzim yang dikeluarkan dinding lambung, yaitu enzim :

enzim pepsin mengubah protein menjadi pepton, proteosa, dan polipeptida,enzim renin mengubah kaseinogen menjadi kasein, enzim lipase mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak, asam lambung (HCL) berfungsi untuk membunuh bakteri pada makanan dan membantu kerja enzim pepsin.

Lambung berada di sekat bawah rongga badanterdiri dari 3 bagian, yaitu:

kardiak, fundus, dan pilorus.
4. Usus Halus

Didalam usus halus makanan mengalami pencernaan kimia secara sempurna dengan bantua enzim tripsin, disakarase, erepsin, tripsin, dan enzim lipas.

Dengan adanya kerja kimia enzim-enzim tersebut, sari-sari makanan dapat diserap oleh vili (jonjot usus). Jonjot usus menyerap semua sari makanan dan membawanya ke hati melaui vena porta, khusus asam lemak dan gliserol di bawa ke hati lewat pembuluh limfa.

Usus halus dapat dibagi menjadi 3 bagian utama, yaitu:

usus 12 jari atau duodendum, jejunum, sertaileum
5. Usus Besar

Ampas makanan sebagai sisa makanan yang telah diserap di usus halus akan di bawa tubuh menuju usus besar. Pada usus besar ampas makanan akan kembali dipilah untuk mengambil air yang belum terserap. Selain itu, akan diproses pembusukan ampas makanan dengan bantuan bakteri usus besar.

Usus besar terdiri atas:

usus buntu, kolon naik, kolon datar, kolon turun, dan rektum
6. Anus

Anus merupakan organ pencernaan manusia yang menjadi alat pembuangan zat sisa pencernaan (feses). Fungsi utama anus adalah sebagai alat untuk membuang feses lewat proses buang air besar (defekasi).



Pelajari lebih lanjut
Materi tentang Hasil proses pencernaan nasi yang kaya akan karbohidrat akan diserap tubuh oleh usus halus dalam bentuk: brainly.co.id/tugas/20496394Materi tentang  Saluran pencernaan yang berfungsi sebagai tempat keluarnya feses dapat terserang penyakit: brainly.co.id/tugas/18868757Materi tentang peredangan akut pada lapisan mukosa lambung: brainly.co.id/tugas/19329318Materi tentang proses penyerapan makanan,lemak akan dihidrolisis menjadi : brainly.co.id/tugas/13381609Materi tentang proses pencernaan makanan yang terjadi di dalam lambung : brainly.co.id/tugas/1885289

-----------------------------


Detil jawaban

Kelas: VIII (SMP)

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Pencernaan Makanan

Kode: 8.4.7


Kata Kunci: organ sistem pencernaan, mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus


7. Kunci jawaban uji kompetensi bab 11 halaman 215-216 buku seni budaya kurikulum 2013


Jawabannya:

1. Proses perancangan pementasan pantomim yaitu dari •perancangan bentuk pertunjukan •area pentas •properti •setting •musik •rias •kostum

Dalam proses perancangandituntut kreativitas kalian dalam menuangkan gagasan pada rencana pementasan.

2. untuk pementasan pantomim, cara merancang properti yaitu dengan membuat rancangan peralatan yang dibutuhkan di atas panggung (property) dan latar belakang panggung (setting) secara efektif dan efisien artinya properti dan setting yang dibuat sesuai dengan tuntutan pertunjukan, serta fungsinya yang jelas.

3.fungsi musik dalam pementasan pantomim yaitu sebagai penguat adegan dan gerakan pantomim. Juga membantu untuk mewujudkan suasana yang ingin ditampilkan misalnya kemeriahan, kesedihan, suasana hutan, kota maupun jalan raya.

4. Rancangan rias tersebut disesuaikan dengan karakter tokoh. Seperti: memakai bedak dasar putih, penggunaan sifat alis atau pensil alis, lipstik atau pemerah bibir, kelopak mata, dan merah di pipi

5. rancangan kostum tersebut juga disesuaikan berdasarkan karakter dan tata rias dari pemerannya. Kostumnya bisa sederhana berupa kaos dan celana yang ketat dengan tubuh. Tujuannya menggunakan kostum seperti ini supaya kelenturan dan bentuk-bentuk gerak yang ditampilkan lebih jelas

#Maaf_jika_salah


8. Uji kompetensi bahasa arab halaman 14 lks kelas 9 semester 1 kurikulum 2013


Jawaban:

kak buku yang mana y?bukunya kakn beda beda lho


9. jawaban uji kompetensi 1 matematika kelas 9 SMP halaman 58 kurikulum 2013 revisi 2018


Jawaban uji kompetensi 1 matematika kelas 9 SMP halaman 58 kurikulum 2013 revisi 2018. Uji kompetensi 1 merupakan kumpulan soal Perpangkatan dan Bentuk Akar. Untuk soal bisa dilihat pada lampiran I.

Sifat Perpangkatan

xᵃ × xᵇ = xᵃ⁺ᵇxᵃ : xᵇ = xᵃ⁻ᵇ(xᵃ)ᵇ = xᵃᵇ(xy)ⁿ = xⁿ . yⁿ

Untuk lebih lengkap sifat perpangkatan dan bentuk akar bisa dilihat pada lampiran II dan III.

Pembahasan

1.  Dapatkan hasil dari operasi perpangkatan berikut ini.

[tex]\displaystyle \frac{64^{2} + 16^{3}}{4^{5}}[/tex] = [tex]\displaystyle \frac{(2^{6})^{2} + (2^{4})^{3}}{(2^{2})^{5}}[/tex]

                 = [tex]\displaystyle \frac{2^{12} + 2^{12}}{2^{10}}[/tex]

                 = [tex]\displaystyle \frac{2 \times 2^{12}}{2^{10}}[/tex]

                 = [tex]\displaystyle \frac{2^{13}}{2^{10}}[/tex]

                 = 2¹³⁻¹⁰

                 = 2³

                 = 8

2.  Dapatkan bentuk perpangkatan yang ekuivalen dengan bilangan dibawah ini.

a.  √8 = [tex]\displaystyle 8^{\frac{1}{2}} = (2^{3})^{\frac{1}{2}} = 2^{\frac{3}{2}}[/tex]

b.  ∛27 = [tex]\displaystyle 27^{\frac{1}{3}} = (3^{3})^{\frac{1}{3}} = 3^{\frac{3}{3}}[/tex] = 3¹

3.  Diketahui [(xⁿ⁻¹ yⁿ)³] / [x²ⁿ y⁶⁺ⁿ] senilai dengan xᵃ yᵇ. Tentukan nilai b/a.

[tex]\displaystyle \frac{(x^{n-1} ~y^{n})^{3}}{x^{2n} ~y^{6+n}} = \frac{x^{3 (n-1)} ~y^{3n}}{x^{2n} ~y^{6+n}}[/tex]

                  = [tex]\frac{x^{3n - 3} ~y^{3n}}{x^{2n} ~y^{6+n}}[/tex]

                  = x³ⁿ⁻³⁻²ⁿ y³ⁿ ⁻ ⁶⁻ⁿ

                  = xⁿ⁻³ y²ⁿ⁻⁶

Karena senilai dengan xᵃ yᵇ, maka nilai a = n - 3 dan b = 2n - 6.

Nilai b/a = [tex]\displaystyle \frac{2n - 6}{n - 3}[/tex]

              = [tex]\displaystyle \frac{2(n - 3)}{n - 3}[/tex]

              = 2

4.  Sederhanakan operasi perpangkatan berikut ini.

a.

y³ × (3y)² = y³ × 3² × y²

               = 9 × y³⁺²

               = 9 y⁵

b.

√b 2y⁵ × b³ 6 y² = [tex]b^{\frac{1}{2}}[/tex] 2y⁵ × b³ 6 y²

                           = 2 × 6 × [tex]b^{\frac{1}{2}+ 3}[/tex] × y⁵⁺²

                           = 12 [tex]b^{\frac{7}{2}}[/tex] y⁷

c.

(tn³)⁴ × 4t³ = t⁴  × 4t³

                 = 4 n¹² t⁴⁺³

                 = 4 n¹² t⁷

d.

(2x³) × 3(x²y²)³ × 5y⁴ = 2 x³ × 3 ×  × 5 y⁴

                                  = 2 × 3 × 5 × x³ × x⁶ × y⁶ × y⁴

                                  = 30 x³⁺⁶ y⁶⁺⁴

                                  = 30 x⁹ y¹⁰

5.  Tuliskan bilangan dibawah ini dalam notasi ilmiah.

a. 0,00000056 = 5,6 × 10⁻⁷

b. 2.500.000 = 2,5 × 10⁶

c.  0,98 = 9,8 × 10⁻¹

d.  10.000.000.000.000 = 1 × 10¹³

6.  Hitung hasil pada perpangkatan berikut ini. Tuliskan jawabanmu dalam notasi ilmiah

a.  12 × 2³ = 12 × 8

                = 96

                = 9,6 × 10

b.  7,27 × 10² - 0,5 × 10³ = (7,27 × 100) - (0,5 × 1000)

                                       = 727 - 500

                                       = 227

                                       = 2,27 × 10²

c.  (8,32 × 10⁴) : (4 × 10⁻⁶) = (8,32 : 4) × 10⁴⁻⁽⁻⁶⁾

                                         = 2,08 × 10¹⁰

d.  3,7 × 10³ × 5,2 × 10⁻³ = 3,7 × 5,2 × 10³⁺⁽⁻³⁾

                                       = 19,24 × 10⁰

                                       = 1,924 × 10

Untuk lanjutan jawaban Uji kompetensi 1 halaman 59 dari no 7 - 13 bisa disimak brainly.co.id/tugas/23721683

--------------------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut tentang Pangkat dan Bentuk Akar Diberikan x = 24 dan y = 54. Tentukan hasil operasi dibawah ini,tuliskan jawabanmu dalam bentuk perpangkatan yang paling sederhana → https://brainly.co.id/tugas/3082107Berapa banyak detik dalam kurun waktu 60.000 tahun? tuliskan hasilnya dalam notasi ilmiah! → https://brainly.co.id/tugas/3878362Latihan 1.4. Pangkat nol, pangkat negatif dan bentuk akar → brainly.co.id/tugas/23298515Temukan nilai x pada persamaan matematika dibawah ini . a. 7 pangkat x = 343 → brainly.co.id/tugas/2963598tentukan nilai perpangkatan berikut a. 3³ × 2 × 3⁷ → brainly.co.id/tugas/2933851Detil JawabanKelas          : 9 SMP (K-13 revisi 2018)Mapel         : MatematikaBab             : 1 - Bilangan Berpangkat dan Bentuk AkarKode           : 9.2.1Kata kunci : bentuk perpangkatan, uji kompetensi 1, perpangkatan dan bentuk akar

Semoga bermanfaat


10. ada yang tau gak jawaban uji kompetensi di buku sejarah kurikulum 2013 yang halaman 100 yang nomer 2 setujukah kamu dengan cara airlangga membagi kerjajaan seperti disebutkan diatas ?


setuju karna untuk menghindari terjadinya perang saudara di antara puterannya yang lahir dari selir


11. jawaban matematika kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 halaman 52 uji kompetensi 6 esai no 9


Jawaban matematika kelas 8 semester 2 kurikulum 2013 halaman 52 uji kompetensi 6 esai no 9

Pada soal ini kita masih membahas tentang Teorema Pythagoras

Bunyi Teorema Pythagoras adalah kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat kedua sisi penyikunya

Pembahasan :

Gambar dibawah ini merupakan balok ABCD.EFGH dengan panjang 10 dm, lebar 6 dm dan tinggi 4 dm. Titik PQ berturut-turut merupakan titik tengah AB dan FG. Jika seekor laba-laba berjalan dipermukaan balok dari titik P ke titik Q, tentukan jarak terpendek yang mungkin ditempuh oleh laba-laba!

Diketahui :

panjang = 10 dm

lebar = 6 dm

tinggi = 4 dm

Ditanya :

Jarak PQ ?

Dijawab :

Lihat gambar ilustrasi.

Saya tambahkan titik R di tengah garis BC

Pertama-tama kita cari dahulu panjang PR

AB = 10 dm

AP = PB = 5 dm

BC = 6 dm

BR = CR = 3 dm

PR² = PB² + CR²

PR² = 5² + 3

PR² = 25 + 9

PR² = 34

PR = √34 dm

Kemudian kita cari Panjang PQ

QR = tinggi = 4 dm

PQ² = PR² + QR²

PR² = (√34)² + 4²

PR² = 34 + 16

PR² = 50

PR = √50 = 5√2 dm

Jadi jarak terpendek PQ adalah 5√2 dm


Pelajari lebih lanjut :

1. Teorema Pythagoras → https://brainly.co.id/tugas/21108615

2. Balok ABCDEFGH → https://brainly.co.id/tugas/21194696

========================

Detail Jawaban :

Kelas : VIII

Mapel : Matematika

Bab : Bab 4 - Teorema Pythagoras

Kode : 8.2.4


Kata kunci : uji kompetensi 6, essay no 9, kelas 8 semester 2, balok, panjang pq



12. jawaban uji kompetensi 6 Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 45


Jawaban uji kompetensi 6 Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 45

Teorama Pythagoras adalah rumus untuk mencari sisi-sisi pada segitiga siku-siku

Bunyi Teorema Pythagoras adalah Kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat kedua sisi penyikunya

Sisi miring / Hipotenusa biasanya sisi yang terpanjang diantara sisi-sisi lainnya

Pembahasan :

1. Diketahui segitiga KLM dengan panjang sisi-sisinya k, l, dan m.

Pernyataan berikut yang benar dari segitiga KLM adalah ....

A. Jika m² = l² + k², besar ∠K = 90°

B. Jika m² = l² − k², besar ∠M = 90°

C. Jika m² = k² − l², besar ∠L = 90°

D. Jika k² = l² + m², besar ∠K = 90° (Benar)

Diketahui :

Segitiga KLM dengan panjang sisi k, l dan m

Ditanya :

Pernyataan yang benar ?

Dijawab :

Lihat gambar ilustrasi

A. Jika m² = l² + k², besar ∠K = 90°

Apabila ∠K = 90° maka sisi miring adalah sisi k

maka menurut Rumus Pythagoras :

k² = l² + m² (Pernyataan salah)

B. Jika m² = l² − k², besar ∠M = 90°

Apabila ∠M = 90° maka sisi miring adalah sisi m

maka menurut Rumus Pythagoras :

m² = k² + l² (Pernyataan salah)

C. Jika m² = k² − l², besar ∠L = 90°

Apabila ∠L = 90° maka sisi miring adalah sisi l

maka menurut Rumus Pythagoras :

l² = k² + m² (Pernyataan salah)

D. Jika k² = l² + m², besar ∠K = 90°

Apabila ∠K = 90° maka sisi miring adalah sisi k

maka menurut Rumus Pythagoras :

k² = l² + m² (Pernyataan benar)


2. Perhatikan gambar berikut. Panjang sisi PQ = ... cm.

A. 10      C. 13

B. 12      D. 14

Diketahui :

PR = 26cm

QR = 24cm

Ditanya :

PQ ?

Dijawab :

PQ² + QR² = PR²

PQ² + 24² = 26²

PQ² + 576 = 676

PQ² = 676 - 576

PQ = √100 = 10 cm (A)


3. Diketahui kelompok tiga bilangan berikut.

(i) 3, 4, 5          (iii) 7, 24, 25

(ii) 5, 13, 14      (iv) 20, 21, 29

Kelompok bilangan di atas yang merupakan tripel Pythagoras adalah ....

A. (i), (ii), dan (iii)          C. (ii) dan (iv)

B. (i) dan (iii)                  D. (i), (ii), (iii), dan (iv)

Diketahui :

kelompok tiga bilangan berikut.

(i) 3, 4, 5         (iii) 7, 24, 25

(ii) 5, 13, 14     (iv) 20, 21, 29

Ditanya :

Kelompok bilangan diatas yang merupakan Triple Pythagoras

Dijawab :

(i) 3, 4, 5    

sisi miring = 5

5² = 3² + 4²

25 = 9 + 16

25 = 25 (Terbukti)    

(ii) 5, 13, 14  

Sisi miring = 14

14² = 5² + 13²

196 = 25 + 169

196 ≠ 194 (Tidak terbukti)

(iii) 7, 24, 25

Sisi miring = 25

25² = 7² + 24²

625 = 49 + 576

625 = 625 (Terbukti)

(iv) 20, 21, 29

Sisi miring = 29

29² = 20² + 21²

841 = 400 + 441

841 = 841 (Terbukti)

Jadi yang merupakan triple pythagoras adalah (i), (III) dan (iv) (B)


4. (i) 3 cm, 5 cm, 6 cm       (iii) 16 cm, 24 cm, 32 cm  

(ii) 5 cm, 12 cm, 13 cm       (iv) 20 cm, 30 cm, 34 cm

Ukuran sisi yang membentuk segitiga lancip ditunjukkan oleh ....

A. (i) dan (ii)         C. (ii) dan (iii)

B. (i) dan (iii)        D. (iii) dan (iv)

Diketahui :

(i) 3 cm, 5 cm, 6 cm          (iii) 16 cm, 24 cm, 32 cm  

(ii) 5 cm, 12 cm, 13 cm       (iv) 20 cm, 30 cm, 34 cm

Ditanya :

Ukuran sisi yang merupakan segitiga lancip adalah ?

Dijawab :

Persamaan sisi segitiga :

c = sisi miring

c² > a² + b² (Segitiga tumpul)

c² = a² + b² (Segitiga siku-siku)

c² < a² + b² (Segitiga lancip)

(i).   3 cm , 5 cm, 6 cm

c = 6cm

6² > 3² + 5²

36 > 9 + 25

36 > 34  

segitiga tumpul, karena c² > a² + b²

(ii).  5 cm , 12 cm, 13 cm

c = 13cm

13²  = 5² + 12²

169 = 25 + 144

169 = 169

Segitiga siku-siku, karena c² = a² + b²

(iii).  16 cm , 24 cm, 32 cm

c = 32cm

32² > 16² + 24²

1024 > 256 + 576

1024 > 832

Segitiga tumpul, karena c² > a² + b²

(iv).  20 cm , 30 cm, 34 cm

c = 34cm

34² < 20² + 30²

1156 < 400 + 900

1156 < 1300

Segitiga lancip, karena c² < a² + b²

Yang merupakan segitiga lancip adalah (iv) (Tidak ada jawaban)


Pelajari lebih lanjut :

Soal tentang Teorema Pythagoras :

1. brainly.co.id/tugas/21164772

2. brainly.co.id/tugas/21043142

3. brainly.co.id/tugas/21094843

==========================

Detail Jawaban :

Kelas : VIII

Mapel : Matematika

Bab : Bab 4 - Teorema Pythagoras

Kode : 8.2.4


Kata kunci : Uji kompetensi 6, kelas 8 semester 2, hal 45, teori Pythagoras



13. kunci jawaban buku paket halaman 36 sampai 38 uji kompetensi kurikulum 2013 bahasa jawa !​


Jawaban:

kalo kasih pertanyaan yang ada soalnya kan nggak semua orang punya buku paket yang sama

Jawaban:

kan semua orang gk punya paket nya, soalnya beda beda. foto nya mana??


14. Soal matematika kelas 9 kurikulum 2013 halaman 129 uji kompetensi 2 membahas tentang funsi kuadrat


Di dalam aljabar, fungsi kuadrat, polinomial kuadratis, polinomial berderajat 2, atau sederhananya kuadratis, adalah fungsi polinomial yang memuat satu variabel atau lebih, di mana derajat tertinggi suku sama dengan dua.


15. Jawaban uji kompetensi bab 1 hal 51 kelas 9 kurikulum 2013


1. d

2. d

3. d

4.c

5. d

6. c

7. b

8. b

9. c

10. d

11. b

12. c

13. d

14. b

15.d

16. d

17. d

18. 1

19. c

20. d

21. c

22. b

23. c

24. c

25. c

26. c

27. b

28. c

29. a

30. a

smg mmbntu


Video Terkait


Posting Komentar untuk "Jawaban Uji Kompetensi Halaman 17 Sejarah Indonesia Kurikulum 2013"