Materi Ips Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
tolong donk rangkuman IPS kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 8 bab 1
1. tolong donk rangkuman IPS kurikulum 2013 revisi 2017 kelas 8 bab 1
Jawaban:
Ini rangkuman ips kls 8 semester 1
Penjelasan:
#semoga membantu dek
2. Jawaban ulangan akhir semester paket 1 Lks Ips kurikulum 2013 revisi 2017 semester ganjil
Jawaban:
hahahahah nanti bisa nyontek pula lah
3. soal objektif ips kelas 7 kurikulum 2013 revisi 2017
apa yg dimaksud interaksi sosial yaitu proses timabal balik antar individu, antar kelompok, dan individu antar kelompok
4. Kegiatan 7.6 hal 190 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Teks persuasi adalah teks yang berisi bujukan atau ajakan yang mendorong seseorang untuk mengikuti harapan atau keinginan-keinginan penulis. Untuk menulis teks persuasi, yang harus diperhatikan adalah pengenalan isi, rangkaian argumen yang berisi pendapat atau fakta, dan pernyataan ajakan.
Pembahasana. Bujukan, ajakan
Hasil pengamatan :
- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
- Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
- Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.
- Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
- Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing.
- Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara.
b. Pendapat
Hasil pengamatan:
Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
c. Fakta
Hasil pengamatan :
- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda".
- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.
- Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kata teknis
Hasil pengamatan:
- Ikrar
- senjata
- modal
- predikat
e. Konjungsi kausalitas
Hasil pengamatan:
- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. (konjungsi kausalitas : karena itulah)
f. Kata kerja mental
Hasil pengamatan:
- Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan "Sumpah Pemuda". (kata kerja mental : mewujudkan, melahirkan)
- Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. (kata kerja mental : menyambut, mengambil)
- Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. (Kata kerja mental : menghadapi, menghadapinya)
- Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.(kata kerja mental : mengucapkan, mengusir, memorak-porandakan)
g. Kata Perunjukan
Hasil pengamatan:
Tidak ada kata perunjukan pada teks tersebut, seperti :seperti berdasarkan data..., merujuk pada pendapat.....
Simpulan:
Teks pidato "Perlunya Memperingati Hari Sumpah Pemuda termasuk dalam teks persuasi karena mengandung penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan. Kaidah kebahasaan yang digunakan pun menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks persuasi. Tetapi teks di atas kurang mencantumkan kata-kata perunjukan yang digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.
Pelajari lebih lanjutContoh teks persuasif tentang COVID-19 pada https://brainly.co.id/tugas/27713958
Kegiatan 7.8 bahasa Indonesia kelas 8 pada https://brainly.co.id/tugas/14756748
Hal yang membedakan teks persuasi dengan teks lainnya pada https://brainly.co.id/tugas/13804171
--------------------------
Detail JawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab: Berbahasa Persuasif (bab 7)
Kode: 8.1.7
#AyoBelajar
5. apakah buku ips kelas 8 kurikulum 2013 itu semester 1 aja apa sampai semester 2
Jawaban:
Sampai semester 2 karna sekarang k13 belum diganti jadi akan tetap lanjut
6. Jawabann IPS kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8 halaman 233 Aktivitas kelompok. Tolong di jawab besok di kumpul
Jawaban:
Jawaban ada di foto
Penjelasan:
semoga membantu
7. Kegiatan 7.5 hal 187 B.indo Kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Bacalah teks di bawah ini dengan baik!
Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat!
Teks yang dibahas adalah teks Internet dan HAKI.
PembahasanStruktur Teks Persuasi:
1. Pengenalan isu
Paragraf: 1 dan 2
Alasan: berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu, yaitu mengenai hak-hak reproduksi.
2. Rangkaian argumen
Paragraf: 3 hingga 5
Alasan: pada paragraf 3 hingga 5 dikemukakan fakta-fakta yang memperkuat argumen-argumen, yaitu
paragraf 3: mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja agar bertanggung jawab atas pilihannya.
paragraf 4: ketidakpedulian atas hak untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan keimanan.
paragraf 5: orang tua tidak mudah untuk membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.
3. Ajakan-ajakan
Paragraf: 6
Alasan: terdapat ajakan terdapat pembaca untuk melakukan sesuatu, yaitu ajakan untuk berhati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan dikunjungi.
4. Penegasan kembali
Paragraf: 7
Alasan: berisi simpulan, yaitu menjadikan internet sebagai wahana penambah wawasan.
--------------------------
Detil jawabanKelas: VIII
Mapel: Bahasa Indonesia
Bab : Berbahasa Persuasif (Bab 7)
Kode: 8.1.7
Kata kunci: tabel 7.5 kelas 8, petakan struktur teks internet dan HAKI
8. kegiatan 7.6 halaman 190 kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017
Struktur Teks persuasi " Internet dan HAKI"
a. Pengenalan Isu :
Teman-teman sekalian, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal seks dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.
Kalau di bidang hukum, HAKI adalah singkatan dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan perlindungan dan penggunaan hak cipta. Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi. Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini? Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.
b. Rangkaian Argumen :
Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita. Nah, yang paling penting nih, kita bisa bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari.
Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan seksual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang benar tentang diri, seksualitas, permasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka.
Bersyukurlah sekali kalau orang tua kita berbaik hati mau berbagi dan terbuka sama kita tentang apa saja yang kita tanyakan sama mereka. Masalahnya, buat orang tua juga ternyata tidak segampang itu membicarakan soal seks, reproduksi remaja, dan berbagai isu lain.
c. Ajak - ajakan :
Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang seksualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi.
d. Penegasan Kembali
Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama.
( Sumber teks : Roellya Ardyaning Tyas dan Chatarina Wahyurini dalam Kompas )
9. materi penjaskes kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 apa?
basket, kasti, sepak bola, senam lantai, badminton, volisepertinya : sepak bola, bola voli, bola basket, bulu tangkis, tenis meja, jalan cepat, lari cepat, lompat jauh, tolak peluru, bela diri, senam lantai, renang
10. Materi fisika kelas 10 semester 2 kurikulum 2013 revisi
Penjelasan:
Hai, apa pertanyaan nya?
Penjelasan:
apa maksudnya gue gak faham
11. Materi ppkn semester 1 kelas 8 kurikulum 2013
Jawaban:
bab 1 : merajut manusia Dan masyarakat berdasarkan pancasila
bab 2 : menyamai kesadaran konstitusional dalam kehidupan negara
bab 3 : disiplin itu indah
bab 4 : menjelajah masyarakat indonesia
Penjelasan:
Kalo Salah maaf, Karna setau ku buku nya beda-beda
12. Jawaban ips kelas 8 halaman 238-239 revisi 2017 kurikulum 2013. Please jawab besok di kumpul
Salam sejahtera bagi kita semua semoga berada dalam lindungan Allah
Jawaban IPS kelas 8 hal. 238 - 239
Nama organisasi, sejarah kelahiran, tujuan dan bentuk perjuangan
1. Nama organisasi : Jong Java
Sejarah kelahiran :
Jong Java dahulu adalah Tri Koro Dharmo, ditetapkan nama Jong Java saat Kongres tanggal 12 Juni 1918
Tujuan :
Memupuk kesadaran nasional kepada pemuda/ mahasiswa daerah Jawa.
Bentuk perjuangan :
Mengadakan Kongres Menanamkan kesadaran persatuan meskipun kedaerahan Belajar mengajar2. Nama organisasi : Tri Koro Dharmo
Sejarah kelahiran :
Tri Koro Dharmo didirikan 7 Maret 1915 oleh Satiman Wirjo. Tri Koro Dharmo memiliki arti 3 tujuan mulia yaitu, sakti, budi, dan bakti
Tujuan : Eksistensi budaya antar suku di Jawa
Bentuk :
Mengajak para mahasiswa bersama sama Sistem belajar mengajar Pembuatan majalah yang membuat dirasa menarik3. Nama organisasi : Jong Islamieten Bond
sejarah kelahiran :
Jong Islamieten Bond didirikan 1 Januari 1925 di Batavia dan dipimpin M. Arif Aini. Jong ini memberikan pandangan Islam bagi para pemuda saat itu
Bentuk perjuangan :
Kursus pendidikan Mempersatukan pelajar Islam Pengadaan Kongres bersama4. Nama organisasi : Perkumpulan pemuda Kristen (PPK)
Sejarah kelahiran :
didirikan tahun 1920 di Jawa, dahulu bernama Muda Kristen Jawa lalu berubah untuk menyesuaikan perkembangan murid muridnya
Bentuk perjuangan :
Peneguhan Iman kepada murid Kristiani Perkumpulan bersama Kongres bersama5. Nama organisasi : Muhammadiyah
Sejarah kelahiran :
Didirikan 18 November 1912 oleh Ahmad Dahlan, awalnya organisasi ini bergerak untuk mendukung pendidikan Islam dari Ahmad Dahlan, namun berkembang menjadi organisasi besar sampai sekarang
Tujuan : Keagamaan, Pendidikan, dan Sosial
Bentuk perjuangan :
Pendirian madrasah Pendirian sekolah dasar (SD) Bantuan dana keagamaan dan sosial6. Nama organisasi : Nahdatul Ulama (NU)
Sejarah kelahiran :
Didirikan 31 Januari 1926 oleh Hasyim dan Abdul Wahad di Surabaya, bertujuan meneguhkan ke Islaman bagi penduduk Surabaya dan berkembang menjadi organisasi Islam terbesar di Indonesia
Tujuan : Keagamaan Islam dan sosial
Bentuk perjuangan :
Bisnis Ekonomi Pendidikan Islam Dana keagamaan7. Nama organisasi : Jong Batak
Sejarah kelahiran :
Perkumpulan pemuda Batak di Tapanuli, lalu melebar hingga daerah Sumatra, Jong Batak dikenal memiliki anggota yang aktif dalam dunia hukum, khususnya pembuatan hukum Indonesia
Tujuan : Perhimpunan pemuda Batak
Bentuk perjuangan :
Pembuatan Hukum Indonesia ikut aktif dalam Kongres Sumpah Pemuda8. Nama organisasi : Jong Celebes
Sejarah kelahiran :
Jong Celebes atau dikenal perhimpunan pemuda Sulawesi, didirikan sekitar tahun 1918, awalnya bersifat kedaerahan Sulawesi namun berkembang menjadi organisasi Nasional
Tujuan : Politik etis Hindia Belanda
Bentuk perjuangan :
Ikut serta dan aktif dalam Kongres Sumpah pemuda9. Nama organisasi : Syarekat Islam
Sejarah kelahiran :
Awalnya bernama Syarekat perdagangan Islam lalu berubah menjadi Syarekat Islam. Organisasi ini kuat dalam nasionalisme menentang keputusan Belanda
Tujuan : Ekonomi, Perdagangan, agama, sosial
Bentuk perjuangan :
Memajukan ekonomi dalam syariah Menentang Hindia Belanda Kecintaan agama IslamPembahasan :
Organisasi adalah perkumpulan orang orang yang memiliki tujuan yang sama. Organisasi diatas adalah organisasi bersifat golongan, artinya organisasi yang mendukung golongan tertentu, namun bersifat nasionalisme. Contohnya sperti syareat Islam mendukung Agama Islam. Organisasi diatas semua adalah organisasi sebelum kemerdekaan, artinya organisasi yang mendukung menentang Belanda meskipun kesadaran nasional belum sebaik BPUPKI dan PPKI.
Organisasi diatas dibentuk oleh orang yang berpendidikan dan kesadaran pentingnya bersatu, organisasi diatas semua mengharapkan Indonesia merdeka dan akhirnya berhasil, melalui cara paling dasar adalah pendidikan dan kesadaran persatuan dan kesatuan.
Pelajari lebih lanjut :
Sebutkan 5 contoh organisasi pemerintahan
https://brainly.co.id/tugas/1888384
Jelaskan pengertian persatuan dan kesatuan.?
https://brainly.co.id/tugas/47881
Sebutkan 10 pahlawan nasional
https://brainly.co.id/tugas/4475466
Detail jawaban :
Mapel : PPKN
Kelas : 8
Kata kunci : Nama organisasi, sejarah kelahiran, tujuan dan bentuk perjuangan, Jong Java, Muhammadiyah, Perkumpulan pemuda Kristen
Kode soal : 10
#AyoBelajar
13. Jawabann IPS kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kelas 8 halaman 233 Aktivitas kelompok. Tolong di jawab besok di kumpul
Pada buku IPS untuk SMP kelas 8, tepatnya pada halaman 233, terdapat tugas berupa aktivitas kelompok yang dilaksanakan sebagai berikut:
Membentuk kelompok dengan anggota sebanyak 4 sampai 5 orang.Mendiskusikan faktor yang menyebabkan kegagalan perlawanan mengusir penjajah yang dilakukan daerah-daerah.Mengisi hasil diskusi ke dalam tabel tersedia.Oleh karena diskusi adalah tugas praktek maka jawaban yang ada pada soal ini hanya menerangkan sejumlah alasan mengapa perlawanan daerah saat itu gagal dan apa saja faktor penyebabnya.
» PembahasanBangsa ini sudah dijajah ratusan tahun oleh bangsa barat. Perlawanan pun dilakukan oleh banyak pihak yang merasa kedzaliman mereka sudah menindas rakyat dan melukai harga diri penguasa setempat. Sayangnya, perlawanan-perlawanan tersebut selalu mengalami kegagalan karena sejumlah faktor, antara lain:
Perlawanan masih bersifat kedaerahan.Kaderisasi pemimpin buruk.Tujuan hanya untuk mempertahankan kepentingan masing-masing kelompok.Persenjataan yang kalah telak.Belum tercipta rasa persatuan dan kebangsaan (nasionalisme) sehingga mudah sekali diadu domba.Untuk isian tabel hasil diskusi, berikut jawabannya:
Perang Saparua (Ambon). Penyebab kegagalan: Kaderisasi pemimpin buruk, terlalu bertumpu pada satu sosok. Penjelasan: Perang Saparua ini berakhir ketika Pattimura ditangkap penjajah. Ini menandakan perlawanan daerah di masa lalu terlalu bertumpu pada satu sosok dan kaderisasi pemimpin buruk, sehingga ketika pemimpin tertangkap maka perjuangan selesai.Perang Diponegoro (Sumatera Barat). Penyebab kegagalan: kurangnya persatuan. Penjelasan: Belanda hampir dikalahkan karena harus menghadapi dua perang sekaligus yakni Perang Paderi dan Diponegoro, menyadai akan kalah maka Belanda menerapkan strategi Benteng Stelsel dengan taktik memecah belah kekuatan pasukan musuh dan menangkap tokoh pentingnya lalu mengajark berunding.Perang Aceh. Penyebab kegagalan: adu domba. Penjelasan: Semangat juang rakyat Aceh besar sehingga Belanda hampir tak mungkin menang. Oleh sebab itu ia mengutus Snouck Hurgronje untuk menyamar jadi Abdul Gafar dan mencari kelemahan Aceh. Ia pun berkesimpulan mereka bisa dikalahkan dengan mengadu domba kaum Uleebalang.Perlawanan Sisingamangaraja. Penyebab kegagalan: buruknya kaderisasi pemimpin. Penjelasan: Perang usai saat anak Sisingamangaraja gugur yakni Patuan Nagar dan Patuan Anggi. Setelahnya tak ada lagi semangat juang dan Tapanuli dikuasai seluruhnya oleh Belanda.Perang Banjar. Penyebab kegagalan: kaderisasi pemimpin buruk. Penjelasan: setelah Prabu Anom ditangkap, perjuangan Pangeran Antasari bisa didesak sehingga mereka pun menuju ke kekalahan.Perang Jagaraga (Bali). Penyebab kekalahan: kaderisasi pemimpin buruk, perencanaan tidak jelas. Penjelasan: menyingkirnya Raja Buleleng ke Jagaraga sehingga kerajaan dikuasai oleh Belanda.» Pelajari Lebih LanjutMateri tentang siapa Pengeran Diponegoro https://brainly.co.id/tugas/1582398Materi tentang usaha Belanda menaklukkan Pangeran Diponegoro https://brainly.co.id/tugas/3735820Materi tentang alasan mengapa Perang Diponegoro disebut Perang Sabil https://brainly.co.id/tugas/46369413• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •
» Detail JawabanKelas : 2 SMP
Mapel : IPS
Bab : Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Kode : -
#AyoBelajar
14. mohon jawaban..........buku bahasa indonesia kelas 8 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 halaman 93......besok dikumpul
pada hari ibu kartini yang berepat pada tanggal "4 april 2016" disekolahku mengadakan pentas untuk memperingati hari ibu kita kartini.
di alur sambutan seluruh siswa dan siswi wajib menyanyikan lagu "ibu kita kartini". selesai usai kami semua memakai baju pakaian adat untuk menjadi model dari pakaian tersebut.
di sisi lain di sekolahku pun ada esktrakurikuler maching band, dan maching band mengelilingi pentas tersebut.
Selesai.
15. contoh soal mid semester Kelas 5 SD kurikulum 2013 revisi tahun 2017
ulangan semester 1 ya.
Posting Komentar untuk "Materi Ips Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017"