Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 44 Semester 2
kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 halaman 132
1. kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 semester 2 halaman 132
~ Bagian A ~
Memiliki struktur yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan kesimpulan
~ Nomor 1 ~
Memuat informasi berdasarkan fakta atau kenyataanFakta yang terkandung memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan~ Nomor 2 ~
Paragraf kausalitas sebagai teks eksplanasi adalah jenis paragraf induktif yang didalamnya memuat unsur sebab² dan akibat terhadap suatu peristiwa
~ Nomor 3 ~
Fungsi fakta dalam teks eksplanasi yaitu menjelaskan mengenai sebab dan akibat sebuah peristiwa atau fenomena sosial/alam yang terjadi
~ Bagian B ~~ Nomor 1
Bukan eksplanasi, karena tidak menceritakan urutan waktu dan sebab akibat
~ Nomor 2 ~
Termasuk dalam teks eksplanasi
Alasan: Teks di atas menceritakan tentang proses terjadinya siklus karbon
~ Nomor 3 ~
Termasuk dalam teks eksplanasi
Alasan : Teks di atas menjelaskan hubungan peristiwa mengenai persediaan darah di PMI yang selalu kurang yang dilengkapi dengan fakta-fakta berpola kausalitas ( sebab akibat)
~ Bagian C~ Nomor 1 ~
Saat liburan aku tidak bepergian jauh dan hanya jalan-jalan sekitar kompleks
~ Nomor 2 ~
Menjelaskan tentang siklus karbon dari karbon dioksida
~ Nomor 3 ~
Persediaan darah pmi selalu kurang,para pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan dan lain sebagainya
2. Kunci jawaban bahasa inggris halaman 11 kelas 12 semester 1
English answer key page 11 class 12 semester 1 is very mysterious because it contains a deadly poison. So be careful. Beware. Don't forget to cover the body's defenses
3. kunci jawaban bahasa inggris halaman 11 kelas 12 semester 1
Offering help and service merupakan suatu ungkapan dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menawarkan bantuan dan layanan kepada seseorang. Kunci jawaban Bahasa Inggris halaman 11 kelas 12 semester 1 antara lain sebagai berikut:
Patterns:
a. May I help you?
b. May I do it for you?
c. May I call a taxi for you? No, thanks. I am fine.
Responses:
a. Thanks a lot.
b. That will be very helpful.
c. Thanks.
Patterns:
a. What can I do for you?
b. What can I do to help you?
c. What can I read the text?
Responses:
a. Can you show me the dictionary, please?
b. Please, I want to read the book.
c. Nothing. I can finish it myself. Thanks for offering.
Pembahasan:
Bahasa Inggris merupakan bahasa yang berlaku universal yang digunakan sebagai bahasa internasional di dunia ini. Pada pelajaran Bahasa Inggris terdapat pattern offering help and service. Offering help and service merupakan suatu ungkapan dalam Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menawarkan bantuan dan layanan kepada seseorang. Kunci jawaban Bahasa Inggris halaman 11 kelas 12 semester 1 antara lain sebagai berikut:
Patterns:
a. May I help you?
b. May I do it for you?
c. May I call a taxi for you? No, thanks. I am fine.
Responses:
a. Thanks a lot.
b. That will be very helpful.
c. Thanks.
Patterns:
a. What can I do for you?
b. What can I do to help you?
c. What can I read the text?
Responses:
a. Can you show me the dictionary, please?
b. Please, I want to read the book.
c. Nothing. I can finish it myself. Thanks for offering.
Pelajari lebih lanjut
Materi tentang pengertian pattern offering help and service https://brainly.co.id/tugas/16636781Materi tentang what is offering help brainly.co.id/tugas/30569850Materi tentang examples of offers brainly.co.id/tugas/30556131Detail jawaban
Kelas: 12
Mapel: Bahasa Inggris
Bab: Offering Help and Service
Kode: 12.5.2
#TingkatkanPrestasimu
#SPJ3
4. kunci jawaban prakarya kelas 7 semester 2 halaman 31 lk2 semester2
Berikut adalah identifikasi karakteristik bahan limbah lunak organik pada produk kerajinan:
1. Jenis bahan limbah : hiasan bunga dari kulit jagung.
Ciri-cirinya lunak dan mudah dilengkungkan (lentur).Bentuknya berbagai macam, tergantung desain.Ukuran kecil, menyesuaikan ukuran kulit jagung yang tersedia.Warna kuning kecokelatan dan motifnya bunga hias.Teknik pembuatannya adalah dengan cara dikeringkan dan digunting sesuai desain.2. Jenis bahan limbah : anyaman dari jerami.
Ciri-cirinya lentur dan lunak.Bentuknya berbagai macam, tergantung desain yang ingin digunakan.Ukurannya kecil hingga sedang.Warnanya cokelat dengan motif beragam sesuai desain.Teknik pembuatannya dengan cara menganyam jerami yang sudah dikeringkan dan ditempel pada alas untuk memperkuat struktur anyaman.3. Jenis bahan limbah : tas dari pelepah pisang.
Ciri-cirinya lentur dan lunak.Bentuknya beragam, tergantung desain.Ukurannya sedang hingga besar,Warnanya cenderung kuning dan cokelat dan motifnya beragam sesuai desain.Teknik pembuatannya adalah dengan cara mengeringkan, memotong, dan menganyam pelepah pisang.4. Jenis bahan limbah : anting-anting dari sisik ikan.
Ciri-cirinya adalah warna-warni yang cenderung berkilauan.Bentuknya beragam, tergantung pada desain.Ukurannya kecil.Warna dan motifnya beragam.Teknik pembuatannya dengan cara membersihkan dan mengeringkan sisik ikan, sebelum kemudian diwarnai bila perlu dan dirangkai dengan senar.5. Jenis bahan limbah : kertas jurnal dari bubur kertas bekas.
Ciri-cirinya kusam, lunak, dan rapuh.Bentuknya tipis dan lebar.Ukurannya beragam, tergantung keinginan. Biasanya seukuran setengah kertas A4.Warnanya abu-abu atau putih kusam.Teknik pembuatannya adalah dengan cara merendam kertas bekas dalam air, menghaluskannya (dibuat menjadi bubur), menyaring bubur kertas dengan cetakan kertas, mengeringkan, dan memotong sesuai ukuran yang diinginkan.PembahasanKetika limbah lunak, baik organik maupun anorganik, sudah tidak dapat digunakan kembali, proses pendaur ulangan adalah proses yang tepat untuk dilakukan untuk menanganinya. Proses ini memiliki prinsip 3R, yaitu:
Reduce, yaitu mengurangi pemakaian barang yang memiliki potensi menjadi limbah.Reuse, yaitu menggunakan ulang barang-barang sebisa mungkin untuk mengurangi produksi limbah.Recycle, yaitu mengolah barang-barang yang sudah tidak dapat digunakan kembali dengan proses tertentu (daur ulang).Proses daur ulang sebaiknya dilakukan untuk mengolah limbah lunak untuk mengurangi jumlah sampah di lingkungan dan meminimalisir potensi pencemaran yang dapat disebabkan oleh tumpukan sampah.
Pelajari lebih lanjutMateri tentang limbah lunak brainly.co.id/tugas/30101589Materi tentang limbah organik dan anorganik brainly.co.id/tugas/18128231Materi tentang hasil kerajinan dari bahan lunak anorganik brainly.co.id/tugas/22882743Detail jawabanKelas: 7
Mapel: Wirausaha
Kode: 7.23
#AyoBelajar
5. kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 semester 1 halaman 8
jawaban ada di gambar
semoga membantu :)
6. kunci jawaban bahasa Indonesia halaman 162 kelas 8 semester 2 kurikulum 2013
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian terhadap suatu karya, baik karya sastra maupun pertunjukan, dengan tujuan menyajikan wawasan yang luas, obyektif, berimbang, menyeluruh, dan mendalam terhadap obyek yang diulas sehingga masyarakat dapat memutuskan perihal akan membaca atau menyaksikan karya tersebut.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa pertanyaan terkait teks ulasan film "Beth". Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
A. 1. Perhatikan kembali teks ulasaan tentang film ”Beth”!
2. Manakah dari kalimat-kalimat di bawah ini yang sesuai dengan isi teks
tersebut?
a. Film ”Beth” merupakan Film alternatif yang kaya makna. -> SESUAI
b. Dari awal hinga akhir, Beth hanya mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa. -> SESUAI
c. Film ”Beth” bercerita tentang kisah cinta yang tragis antara Beth dengan Pesta. -> SESUAI
d. Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung derita akibat aborsi paksa. -> TIDAK SESUAI
e. Beth merupakan gambaran tentang kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat untuk berkreasi. -> SESUAI
B. 1. Catatlah hal-hal yang kamu anggap penting/menarik dari ulasan ilm
”Beth” di depan!
a. Beth merupakan sebuah film alternatif yang kaya makna.
b. Beth mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa.
c. Inti cerita ilm ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth dan Pesta yang tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal.
d. Kehidupan asmara Beth-Pesta berakhir mengenaskan dengan Pesta masuk penjara karena narkoba dan Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung deritanya. Keduanya dipertemukan kembali di Rumah Sakit Jiwa Manusia.
e. Inti film ”Beth” yang sebenarnya tentang para penghuni rumah sakit jiwa itu, mulai dari penyair, politikus gila, perawat, hingga masyarakat umum.
f. Tingkah para profesional gila melahirkan sejumlah pesan moral.
g. Film Beth mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur.
h. Kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis ketimbang orang sehat.
i. Film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan.
j. Sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
k. Film ”Beth” menggambarkan kian sempitnya ruang di masyarakat yang patut dijadikan tempat manusia untuk berkreasi satu-satunya ruang yang tersisa bagi Aria adalah rumah sakit jiwa.
2. Berdasarkan catatan itu, ceritakan kembali isi ulasan tersebut dengan
kata-katamu sendiri!
JAWABAN:
Film Beth merupakan sebuah film alternatif yang kaya makna. Film ini mengambil satu setting: kehidupan di suatu rumah sakit jiwa.
Inti cerita film ”Beth” berkisah cinta yang tragis antara Beth atau Elizabeth dan Pesta yang tak direstui oleh orang tua Beth yang jenderal. Kehidupan asmara Beth-Pesta berakhir mengenaskan dengan Pesta masuk penjara karena narkoba dan Beth jadi gila lantaran tak kuat menanggung deritanya. Keduanya dipertemukan kembali di Rumah Sakit Jiwa Manusia.
Namun inti tersebut hanya pigura semata, sementara inti sebenarnya tentang para penghuni rumah sakit jiwa itu, mulai dari penyair, politikus gila, perawat, hingga masyarakat umum. Tingkah para profesional gila melahirkan sejumlah pesan moral. Film Beth mengungkap realitas dalam ekspresi yang jujur yaitu bahwa kehidupan di ‘dunia gila’ juga memiliki logika sendiri. Itu sebabnya ada orang gila yang ternyata berpikiran justru lebih logis ketimbang orang sehat.
Film ”Beth” merupakan ungkapan semangat pemberontakan Aria pada sesuatu yang mapan. Film ini berpesan bahwa sudah waktunya kita mengkritisi idiom-idiom sesat yang kini terlanjur hidup dalam masyarakat kita.
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang teks ulasan:
https://brainly.co.id/tugas/14215924
Detil jawaban
Kelas: IX
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 5 - kritik
Kode kategori: 9.1.5
Kata kunci: teks ulasan, film Beth
7. kunci jawaban paket bahasa indonesia kelas 7 semester 2 halaman 198-199
Fabel adalah sebuah cerita yang mengisahkan sifat, sikap, atau tindakan manusia melalui tokoh para hewan atau binatang. Salah satu ciri khas fabel adalah penggunaan gaya bahasa sederhana. Hal ini dimaksudkan agar pesan yang diutarakan fabel tersebut dapat dengan mudah ditangkap dan dicerna oleh semua kalangan, khususnya generasi muda.
Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal menyajikan kita dengan beberapa pertanyaan terkait fabel. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut satu per satu.
RANGKAIAN PERISTIWA FABEL 1
1. Semut pergi ke gua untuk mengumpulkan makanan.
2. Semut dan belalang berpapasan, belalang menanyakan alasan semut yang mengumpulkan makanan.
3. Semut menolak ajakan belalang untuk menari.
4. Musim dingin tiba, belalang tidak punya makanan dan akhirnya meminta pada semut.
RANGKAIAN PERISTIWA FABEL 2
1. Pak Tua Rusa mengunjungi keluarga Pip Si Tupai dan menghadiahkan kacang kenari.
2. Sang Ibu tupai menyerahkan kacang kenari pada anak-anaknya dan menyuruh mereka membaginya sama rata.
3. Sang anak tupai paling besar mengambil sebagian besar kacang kenari untuknya karena menganggap dia berhak.
4. Ibu mengambil alih kacang dan membaginya kurang lebih sama rata di antara ketiga anaknya dan berpesan agar mereka selalu berbagi rasa.
TOKOH PADA FABEL 1
a. Belalang sembah
b. Semut
Sebagai rujukan, berikut kutipan fabel 1 dan 2 yang dirujuk oleh soal.
Belalang Sembah
Suatu hari di sebuah kebun anggur, tinggalah sebuah keluarga Semut dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak. Semut ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Para Semut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang. Ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan, maka para Semut itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persediaan ketika musim dingin telah tiba.
Berbeda halnya dengan seekor Belalang sembah, Belalang sembah memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang. Mereka sering hidup di pohon-pohon seperti halnya para Semut. ketika musim dingin akan tiba Belalang sembah hanya berlatih menari. Setiap hari Belalang sembah itu hanya berlatih menari. Namun sang Belalang lupa bahwa dia harus mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin
Suatu hari Sang Belalang sembah menari di dekat sarang Semut. Dia menari dengan sangat anggun. Gerakan tangan dan badannya yang pelan dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan. Para Semut melihat Sang Belalang sembah menari, namun mereka tidak menghiraukan tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.
...
Sesama Saudara Harus Berbagi
Suatu pagi indah dengan matahari yang cerah, Pak Tua Rusa mengunjungi kediaman keluarga Pip si Tupai di sebuah desa.
“Pagi, Ibu Tupai,” salam Pak Tua Rusa kepada Ibu Pip. Kemarin, keponakanku mengunjungiku. Dia membawakan oleh-oleh yang cukup banyak. Aku ingin membaginya untuk para sahabatku. Ini kacang kenari spesial untuk keluargamu.”
“Terima kasih, Pak Tua Rusa,” ucap Ibu Pip.
Sepeninggal Pak Tua Rusa, Ibu Pip masuk ke dalam rumah dan memanggil anak-anaknya. “Anak-anak, lihat kita punya apa? Kalian harus membaginya sama rata ,ya.”
Asyiiik,” girang Pip dan adik-adiknya.
“Ibu taruh sini, ya.”
Setelah itu, ibu tupai mengurus rumah kediamannya. Sementara itu adikadik Pip ingin mencicipi kacang itu.
“Ini aku bagi,” kata Pip. Dari sepuluh butir kacang, dia memberi adiknya masing-masing dua butir. “Ini sisanya untukku, Aku kan paling besar.”
“Tapiii…Ibu kan pesan untuk membagi rata,” kata Titu, salah satu adik kembar Pip, diiringi tangisan Puti, kembar satunya.
Mendengar tangisan Puti, ibu Pip keluar dan bertanya. Sambil terisak, Puti menceritakan keserakahan kakaknya.
...
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:
brainly.co.id/tugas/14328443
Detil jawaban
Kelas: VII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Bab: Bab 8 - Mendeskripsikan sesuatu
Kode kategori: 7.1.8
Kata kunci: kunci jawaban, fabel, bahasa Indonesia, kelas VII semester 2, halaman 198-199
8. Kunci jawaban buku paket bahasa indonesia kelas 7 halaman 237 semester 2
Fabel adalah sebuah karya sastra Indonesia yang menyajikan sifat, sikap, atau watak manusia melalui penggambarna para tokoh binatang atau hewan dalam cerita tersebut. Sebagai sebuah karya sastra, cerita fabel memiliki satu ciri khas yaitu penggunaan bahasa sederhana. Penggunaan bahasa ini dimaksudkan agar setiap kalangan dapat memahami baik isi maupun pesan fabel dengan baik, terutama kalangan anak-anak.
Jika ditilik dari periodisasi sastra,, fabel dapat dikategorikan sebagai karya sastra yang berasal dari periode sastra baru.
PembahasanPada kesempatan ini, soal meminta kita untuk menyajikan unsur intrinsik berupa tokoh, watak tokoh, serta latar dari sebuah ilustrasi fabel yang berpusat pada tokoh seekor singa dan tikus. Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.
A. TOKOH
1. TOKOH -> SINGA
NAMA -> LEO
WATAK -> BAIK HATI
2. TOKOH -> TIKUS
NAMA -> RUBI
WATAK -> BAIK HATI DAN SUKA MENOLONG
3. TOKOH -> PENEBANG POHON
NAMA: LOGO
WATAK -> SOMBONG DAN PEMARAH
B. LATAR TEMPAT -> SEBUAH HUTAN YANG POHONNYA TELAH DITEBANGI
C. LATAR WAKTU -> PAGI HARI
D. LATAR SUASANA -> SEDIH
Pelajari lebih lanjut
Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang fabel:
brainly.co.id/tugas/11014968
Detil jawabanKelas: VII
Mata pelajaran:B ahasa Idnonesia
Bab: bab 8 - Mendeskripsikan sesuatu
Kode kategori: 7.1.8
Kata kunci: fabel, tokoh, watak, latar waktu, latar suasana, latar tempat
9. kunci jawaban bahasa indonesia kelas 8 semester 2 halaman 19Plis bntuuu
Penjelasan:
1.harapan penulis=perokok menghentikan kebiasaan merokoknya sebelum kecanduan.
fakta/pendapat yg disajikan=di malaysia,harga 20 batang rokok bisa setara dgn 5 persen pendapatan buruh kasar.di shanghai,cina,petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak dari pada yg di pakai untuk membeli kebutuhan utama mereka.seberapa mahal pun harga rokok tidak dpt menghentikan mereka.
2.harapan penulis=pembaca tdk menonton=membaca komik dgn tokoh shincan karena mempunyai karakter sebagai penebar virus yg berbahaya.
fakta/pendapat yg disajikan=bayak perotes yang ditunjukan kepadanya melalui surat penbaca di berbagai media cetak.mereka menyatakan bahwa shincan mempunyai kelakuan negatif yg ternyata bayak di ikuti oleh anak anak.
10. kunci jawaban bahasa indonesia halaman 19 kelas 7 semester satu
a. terdapat nama objek yang dideskripsikan dan pernyataan umum mengenai objek yang dibahas
b. objek dirinci secara subjektif atau dari sudut pandang penulis dengan kalimat yang membuat seseorang seakan-akan dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek yang dideskripsikan
c. simpulan yang terletak pada teks deskripsi selalu terletak pada bagian akhir teks deskripsi. Bahasa yang digunakan juga singkat, padat, dan juga harus mudah dipahami
11. kunci hawaban paket bahasa jawa kls 7 halaman 44 semester 1
Jawaban:
Mana kok gak ada☺️
Penjelasan:
Soalny mana
12. Kunci jawaban bahasa indonesia kelas x halaman 36 tugas 2 semester1 kurikulum 2013
Jawaban:
Kunci jawaban Bahasa Indonesia kelas X halaman 36 tugs 2 adalah mengenai afiksasi yang terjadi pada kata berimbuhan.
Menguasai
Jenis: Verba
Imbuhan: me(N) - i
kata dasar: kuasa
Berbeda
Jenis: verba
Imbuhan: be(R) -
Kata dasar: beda
Mereproduksi
Jenis: verba
Imbuhan: me -
Kata dasar: reproduksi
Dikenal
Jenis: verba
Imbuhan: di
Kata dasar: kenal
Membantu
Jenis: verba
Imbuhan: me(N) -
Kata dasar: bantu
Menjauhkan
Jenis: verba
Imbuhan: me(N) - kan
Kata dasar: jauh
Menunjukkan
Jenis: verba
Imbuhan: me(N) - kan
Kata dasar: tunjuk
Mengobati
Jenis: verba
Imbuhan: me(N) - i
Kata dasar: obat
Disaring
Jenis: verba
Imbuhan: di -
Kata dasar: saring
Bagian
Jenis: nomina
Imbuhan: -an
Kata dasar: bagi
Keunikan
Jenis: nomina
Imbuhan: ke - an
Kata dasar: unik
Makanan
Jenis: nomina
Imbuhan: -an
Kata dasar: makan
Pelihatan
Jenis: nomina
Imbuhan: pe- an
Kata dasar: lihat
Mengeluarkan
Jenis: verba
Imbuhan: me(N)-kan
Kata dasar: keluar
Pendengaran
Jenis: nomina
Imbuhan: pe(N)-an
Kata dasar: dengar
Penciuman
Jenis: nomina
Imbuhan: pe(N)-an
Kata dasar: cium
Pemakan
Jenis: nomina
Imbuhan: pe-
Kata dasar: makan
Perdesaan
Jenis: nomina
Imbuhan: pe(R) -an
Kata dasar: desa
Penjelasan:
Afiksasi adalah proses atau hasil penambahan afiks (prefiks, infiks, konfiks, sufiks) pada kata dasar
Pelajari lebih lanjut materi contoh afiksasi pada https://brainly.co.id/tugas/11576861
#BelajarBersamaBrainly
13. kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 12
kunci jawaban matematika kelas 8 semester 2 halaman 12 merupakan materi Teorama Pythagoras yang soalnya bisa dilihat pada lampiran I
PendahuluanTeorama Pythagoras
Untuk setiap segitiga siku-siku berlaku : luas persegi pada sisi miring (hipotenusa) sama dengan jumlah luas persegi pada sisi siku-sikunya).
Hubungan panjang sisi pada setiap segitiga siku-siku dapat dinyatakan dalam bentuk rumus berikut.
c² = a² + b²
a² = c² - b²
b² = c² - a²
PembahasanJawaban Ayo kita berlatih 6.1 no 1 - 5 bisa di simak pada brainly.co.id/tugas/26258812
6. Tentukan panjang AB dari gambar berikut
Perhatikan gambar yang terdapat pada lampiran II
Gambar a.Diketahui :
AD = CD = 4 cm
BC = 3 cm
Panjang AB
AB² = (AD - BC)² + CD²
= (4 - 3)² + 4²
= 1 + 16
= 17
AB = √17
Jadi panjang AB gambar a adalah √17 cm
Gambar bDiketahui :
CD = 4 cm
BC = 7 cm
AD = 6 cm
Panjang BD pada segitiga BCD
BD² = BC² + CD²
= 7² + 4²
= 49 + 16
= 65
BD = √65
Panjang AB pada Δ ABD
AB² = BD² - AD²
= (√65)² - 6²
= 65 - 36
= 29
AB = √29
Jadi panjang AB gambar b adalah √29 cm
Gambar cDiketahui :
AO = 3 cm + 1 cm = 4 cm
BO = 5 cm
Panajang AB
AB² = AO² + BO²
= 4² + 5²
= 16 + 25
= 41
AB = √41
Jadi panjang AB gambar c adalah √41 cm
7. Diketahui persegi panjang ABCD dan P merupakan titik di dalam persegi panjang. Jika PC = 8 cm, PD = 4 cm, dan PB = 7 cm, maka PA adalah ...
Penyelesaian :
Perhatikan gambar yang ada pada lampiran III. Kita tarik garis hijau yang tegak lurus melalui titik P agar terbentuk segitiga siku-siku, karena syarat pythagoras adalah salah satu sudut pada segitiga haruslah siku-siku dan kedua sisi tegak lurus. Ada 4 garis diagonal yang terdiri dari 4 segitiga siku-siku
Keempat diagonal tersebut kita masukan kedalam rumus pythagoras yaitu c² = a² + b², maka PA² = a² + b²
PD² = b² + c²
4² = b² + c²
b² = 4² - c²
PC² = c² + d²
8² = c² + d²
c² = 8² - d²
PB² = a² + d²
7² = a² + d²
a² = 7² - d²
Subtitusikan
PA² = a² + b²
PA² = (7² - d²) + (4² - c²)
PA² = 7² - d² + 4² - (8² - d²)
PA² = 7² - d² + 4² - 8² + d²
PA² = 7² + 4² - 8²
PA² = 49 + 16 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = √1
PA = 1 cm
Cara cepat :
PA² + PC² = PD² + PB²
PA² + 8² = 4² + 7²
PA² = 4² + 7² - 8²
PA² = 16 + 49 - 64
PA² = 65 - 64
PA² = 1
PA = 1 cm
Jadi panjang PA adalah 1 cm
9. Panjang sisi persegi besar adalah 15 cm luas persegi kecil adaah 25 cm² Tentukan nilai x
Penyelesaian :
Garis x merupakan hipetenusa dari dua sisi siku-siku yaitu sisi AB dan BC.
L persegi kecil = 25 cm²
L = s²
s = √L
s = √25
s = 5 cm
Jadi panjang sisi persegi kecil = 5 cm
Untuk mencari nilai x kita menggunakan pythagoras
x² = AB² + BC²
x² = 15² + (15 + 5)²
x² = 15² + 20²
x² = 225 + 400
x² = 625
x = √625
x = 25 cm
Jadi nilai x aadalah 25 cm
No. 10 https://brainly.co.id/tugas/4558600
---------------------------------------------------------------------------
Pelajari lebih lanjut tentang PythagorasLimas P.ABC dengan alas segitiga ABC yang siku-siku di C. → brainly.co.id/tugas/13976071Manakah yang merupakan tripel phytagoras → brainly.co.id/tugas/21345321Trapesium KLMN sama kaki → brainly.co.id/tugas/10147270Pada segitiga PQR berikut ini, diketahui RS = 4 cm, PS = 8 cm, QS = 16 cm. Hitunglah panjang PQ → brainly.co.id/tugas/13268361Layang layang ABCD → brainly.co.id/tugas/2043254Detil JawabanKelas : 8 SMPMapel : MatematikaBab : 4 - Teorama PythagorasKode : 8.2.4Semoga Bermanfaat
14. kunci jawaban buku bahasa indonesia halaman 26 kelas 7 semester 1
Jawaban:
legenda
Penjelasan:
orang yang di kenang
15. kunci jawaban bahasa Indonesia kelas 8 halaman 5 semester 1
Jawaban:
1. Contoh informasi : Telah terjadi gempa susulan
di Dompu, Nusa Tenggara Barat.
Jenis : A
2. Contoh informasi : Kepala Dinas Pendidikan
Kabupaten Pengantaran, Jawa Barat membuka
lomba puisi tingkat SMP.
Jenis : S
3. Contoh informasi : Menteri Tenaga Kerja dua
hari yg lalu mengunjungi lokasi terjadinya
demonstrasi para buruh di depan pabrik tekstil
Aria Raga, Kota Jambi.
Jenis : P
4. Contoh informasi : Konflik Palestina-Israel
mnjadi bahasan utama pada seminar para
menteri luar negeri di Bali kemarin.
Jenis : P
5. Contoh informasi : Siti Albarqah memenangi lomba menulis cerpen antar pelajar se-Kalimantan Barat.
Jenis : S
HOPE IT IS USEFUL AND HELPING (◍•ᴗ•◍)
Posting Komentar untuk "Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Halaman 44 Semester 2"